SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI periode 2011-2015

Anggita Riyani Putri

Abstrak


ABSTRAK

Putri, Anggita Riyani. 2016. Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI periode 2011-2015. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Unversitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ely Siswanto, S.Sos., M.M. (II) Yuli Soesetio, S.E., M.M.

Kata Kunci: Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan

Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan memperoleh laba dalam hubungannya dengan penjualan, total aktiva maupun modal sendiri. Dengan demikian bagi investor jangka panjang akan sangat berkepentingan dalam analisis profitabilitas. Beberapa faktor yang mempengaruhi profitabilitas yaitu kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan pada tahun 2011-2015. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung kepemilikan institusional (X1) terhadap profitabilitas (Y), pengaruh langsung kepemilikan manajerial (X2) terhadap profitabilitas (Y) dan untuk mengetahui apakan ukuran perusahaan (Z) memoderasi pengaruh kepemilikan institusional (X1) dan kepemilikan manajerial (X2) terhadap profitabilitas (Y).

Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listing di BEI tahun 2011-2015 sebanyak 122 perusahaan. Sampel ditentukan melalui purposive sampling, sehingga diperoleh sample sebanyak 30 perusahaan dalam 5 periode. Analisis menggunakan regresi linier berganda dan regresi moderasi menggunakan pure moderasi dengan bantuan software SPSS 16 dengan taraf signifikansi 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi profitabilitas mengalami penurunan, kondisi kepemilikan institusional mengalami peningkatan, kondisi kepemilikan manajerial mengalami penurunan, kondisi ukuran perusahaan mengalami penurunan (2) kepemilikan institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas (3) kepemilikan manajerial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas (4) ukuran perusahaan tidak memoderasi pengaruh kepemilikan institusional terhadap profitabilitas (5) ukuran perusahaan tidak memoderasi pengaruh kepemilikan manajerial terhadap profitabilitas.

 

Berdasarkan hasil dari penelitian, saran yang dapat diberikan adalah: (1) bagi perusahaan, hendaknya melakukan usaha-usaha untuk dapat meningkatkan tingkat profitabilitasnya dengan lebih efektif dan efisien dalam kegiatan operasinya, (2) bagi investor,diharapkan lebih teliti dalammengambil keputusan untuk menannmkan modalnya pada suatu perusahaan, (3) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menggunakan analisis yang lebih luas sehingga meningkatkan generalisasi penelitian untuk semua sektor, selain itu diharapkan dapat menggunakan alat indikator lain baik dari rasio keuangan maupun faktor makro ekonomi baik sebagi variabel independen maupun sebagai variabel moderasi.