SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, dan Perputaran Persediaan terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di BEI Periode 2012—2015

Diah Ayu Cahyaningsih

Abstrak


ABSTRAK

Cahyaningsih, Diah Ayu. 2016. Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, dan Perputaran Persediaan terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2015. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ely Siswanto, S.Sos., M.M. (II) Fadia Zen, S.E., M.M.

Kata Kunci:  Perputaran Kas, Perputaran Persediaan, Perputaran Piutang,  Perusahaan Food and Beverage, Profitabilitas

Tujuan perusahaan yaitu memaksimalkan kekayaan pemegang saham melalui maksimalisasi nilai perusahaan. Untuk memaksimalkan nilai perusahaan perusahaan harus memperhatikan perolehan laba atau profitabilitasnya. Profitabilitas dapat dihitung dengan Return on Asset (ROA) maupun Return on Equity (ROE). Salah satu faktor yang mempengaruhi profitabilitas adalah modal kerja. Komponen modal kerja terdiri dari kas, piutang, serta persediaan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan dan profitabilitas serta untuk mengetahui apakah perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi sebagai subjek penelitian yaitu perusahaan food and beverage yang terdaftar di BEI tahun 2012—2015 sebanyak 14 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder perusahaan food and beverage tahun 2012—2015 yang dipublikasikan di BEI. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan dan profitabilitas cenderung menurun. Secara parsial perputaran kas tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Untuk variabel perputaran piutang dan perputaran persediaan secara parsial berpengaruh terhadap profitabilitas. Secara simultan perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.

 

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat diajukan oleh peneliti adalah (1) bagi perusahaan, ke depannya diharapkan untuk lebih mengoptimalkan pengelolaan modal kerjanya, terutama pada pengelolaan kas, piutang, dan persediaan, (2) bagi investor, diharapkan untuk mempertimbangkan berbagai faktor sebelum melakukan investasi, dan (3) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan menggunakan variabel lain seperti perputaran aktiva tetap atau Debt to Equity Ratio (DER) sebagai variabel bebas serta net profit margin, Return to Investment (ROI) maupun gross profit margin sebagai variabel terikat untuk mengukur profitabilitas, memperluas subjek penelitian serta menambah periode penelitian.