SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH ATRIBUT PRODUK, DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASITERHADAP PERPINDAHAN MEREK AIR MINUM DALAM KEMASAN AQUA KE CLEO (StudipadaPelangganAgen AMDK UD.Inti Jaya diKab.Lumajang)

Mochammad Ariful Syahdan

Abstrak


ABSTRAK

Syahdan, Mochammad Ariful, 2016.Pengaruh Atribut Produk dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merek Air Minum Dalam Kemasan Aqua ke Cleo(Studi Pada Konsumen Agen AMDK UD.Inti Jaya diKab.Lumajang).Skripsi, Jurusan, Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. (I) Dr. Aniek Indrawati S.Si.,(II) Dr. Titis Shinta Dewi, S.P, M,M.

Kata Kunci:Atribut Produk, Kebutuhan Mencari Variasi dan Perpindahan Merek

Analisis terhadap perpindahan merek dapat dikaitkan dengan atribut produk, dimana faktor ini terkait secara langsung dengan kualitas produk yang ditawarkan oleh perusahaan sehingga produk yang dikonsumsi benar-benar mampu menjamin kepuasan konsumen. Perpindahan merek dapat muncul karena adanya kebutuhan mencari variasi dan keputusan konsumen untuk berpindah merek tidak hanya dipengaruhi oleh kebutuhan mencari variasi, namun juga dipengaruhi oleh atribut produk.

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana deskripsi atribut produk, kebutuhan mencari variasi,dan keputusan perpindahan merek air minum dalam kemasan Aqua ke Cleo ? 2) Apakah atribut produk dan kebutuhan mencari variasi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan permindahan merek air minum dalam kemasan Aqua ke Cleo ? 3) Apakah atribut produk dan kebutuhan mencari variasi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan permindahan merek air minum dalam kemasan Aqua ke Cleo ? 3) Variabel atribut produk ataukah kebutuhan mencari variasi yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan permindahan merek air minum dalam kemasan Aqua ke Cleo?

Penelitian ini merupakanjenis penelitian deskriptif dan explanatory yaitu mengenai pengaruhatribut produk dan kebutuhan mencari variasiyang merupakan variable independent dengan variable dependent nya yaitu keputusan permindahan merek air minum dalam kemasan Aqua ke Cleo. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen pada agen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) UD. Inti Jaya di Kabupaten Lumajang yang mengkonsumsi Cleo, namun pada periode sebelumnya telah mengkonsumsi Aqua terlebih dahulu. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier berganda.

Kesimpulan hasil penelitian yaitu 1) atribut produk menunjukkan baik, kebutuhan mencari variasi tinggi dan keputusan perpindahan merek air minum dalam kemasan Aqua ke Cleo tinggi. 2) Atribut produk dan kebutuhan mencari variasi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan permindahan merek air minum dalam kemasan Aqua ke Cleo. 3) Atribut produk, dan kebutuhan mencari variasi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan permindahan merek air minum dalam kemasan Aqua ke Cleo. 4) Atribut produk mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan permindahan merek air minum dalam kemasan Aqua ke Cleo.