SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Efikasi diri dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Produktif (Studi Pada Siswa Kelas X Bidang keahlian Bisnis dan Manajemen SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Tahun Ajaran 2015/2016)

Galang Sayful Islam

Abstrak


Efikasi diri dan motivasi belajar merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Adanya rasa efikasi diri merupakan faktor penting yang harus dimilik pada diri individu siswa cenderung realistis terhadap diri sendiri secara positif, yakin akan kemampuan, merasa optimis, bersikap tenang, tidak ragu-ragu dalam menghadapi permasalahan, sedangkan  motivasi belajar adalah dorongan untuk dapat mencapai prestasi belajar yang optimal. Motivasi belajar muncul dari dalam diri individu dan luar diri individu. Adanya motivasi pada diri individu dapat mendorong seseorang untuk meraih sebuah tujuan dalam hidupnya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Deskripsi efikasi diri, dan motivasi belajar. (2) Deskripsi prestasi belajar belajar siswa. (3) Pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar secara parsial maupun silmultan terhadap prestasi belajar siswa. Adapun dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar efikasi diri dan motivasi belajar dari siswa untuk meraih prestasi belajar.

Penelitian ini adalah penelitian dengan rancangan deskriptif kuantitafif, dengan analisis deskriptif dan analisis linier berganda. Populasi dari penelitian berjumlah 107 siswa dengan sampel 85 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Skala Likert menjadi penentu skor dalam penelitian, terdapat 5 pilihan jawaban yaitu sangat setuju dengan skor 5, setuju dengan skor 4, cukup setuju dengan skor 3, tidak setuju dengan skor 2, sangat tidak setuju dengan skor 1. Mempermudah peneliti memberikan gambaran tentang efikasi diri dan motivasi belajar, maka distribusi frekuensi yang menyatakan sangat setuju menjadi sangat baik, setuju menjadi baik, cukup setuju menjadi cukup baik, tidak setuju menjadi tidak baik, dan sangat tidak setuju menjadi sangat tidak baik. Sedangkan prestasi belajar diklasifikasikan menjadi sangat baik (>90), baik (90-75), cukup baik (74-60), kurang (40-59), dan sangat rendah (