SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Autoplay Media Studio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran (Studi pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen)

SYARIFUDDIN TRI WALUYO

Abstrak


ABSTRAK

Waluyo, Syarifuddin Tri. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Autoplay Media Studio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran (Studi pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Mohammad Arief, M.Si (2) Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd, M.M.

Kata kunci: Multimedia Interaktif, Autoplay Media Studio, Hasil Belajar

Multimedia interaktif adalah suatu media yang sangat kompleks dengan penggabungan dari beberapa unsur media seperti teks, grafik, gambar, foto, video, dan animasi secara berkala sehingga menjadi suatu kumpulan yang menarik dan dapat mengalihkan perhatian targetnya. Mutimedia interaktif bermanfaat di dunia kerja dan juga di dunia pendidikan. Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi diharapkan guru memanfaatkan kondisi ini dengan menyediakan bahan ajar yang terus mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi. Melalui pengembangan multimedia interaktif berbasis autoplay media studio ini diharapkan mampu meningkatkan minat belajar siswa dan membawa manfaat bagi penggunanya.

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menghasilkan multimedia interaktif dengan media autoplay media studio pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran SMK/MAK kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran. (2) untuk mengetahui kelayakan multimedia yang telah dikembangkan melalui hasil validasi ahli. (3) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa dengan menggunakan multimedia dan tanpa penggunaan media pada hasil belajar siswa.

Manfaat dari multimedia interaktif berbasis autoplay media studio diantaranya, dapat dijadikan sebagai referensi bahan ajar bagi guru dan siswa kelas X APK. Selain itu multimedia interaktif ini ditujukan agar siswa dapat belajar secara mandiri dan mengurangi ketergantungan siswa terhadap guru sebagai sumber belajar dikelas namun tetap dapat memaksimalkan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan teknologi. Alasan peneliti melakukan pengembangan media karena kondisi yang terjadi saat ini baik buku referensi ajar maupun media ajar untuk mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran masih perlu ditingkatkan.

Pengembangan multimedia interaktif berbasis autoplay media studio ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Borg & Gall dalam Sukmadinata. Adapun langkah-langkah penelitian dan pengembangan tersebut adalah sebagai berikut (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7)Revisi produk, (8)Uji coba pemakaian, (9) Revisi produk, (10) Produksi masal.

Validasi media dilakukan oleh ahli materi dari guru SMK PGRI Turen dan ahli media dari dosen Fakultas Ekonomi dan uji coba produk dalam penelitian ini menggunakan siswa kelas X APK di SMK PGRI Turen. Hasil analisis validasi ahli materi menunjukkan sebesar 92,5% sedangkan hasil analisis validasi dari ahli media menunjukkan sebesar 94,79%  dan dari uji coba produk sebesar 83,06%, dari hasil validasi ahli menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis autoplay media studio sangat valid dan tidak perlu direvisi.

 

Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah multimedia interaktif berbasis autoplay media studio mampu meningkatkan hasil belajar. Hasil rata-rata nilai siswa kelas eksperimen sebesar 90,42, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 80,25 terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Saran bagi pengembang selanjutnya agar dapat mengembangkan multimedia interaktif mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran dengan kompetensi dasar lain.