SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR (STUDY PADA MATA PELAJARAN MENGOPERASIKAN APLIKASI PRESENTASI KELAS XI APK SMK CENDIKA BANGSA KEPANJEN)

DINA SUSILOWATI

Abstrak


Susilawati, D. 2013. Impelementasi Pembelajaran Konteksual Inquiry Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa (Study Pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Presentasi Kelas XI APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen-Malang). Skripsi Jurusan Managemen, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkatoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Arief, M.S, (II) Hj. Madziatul Churiyah, S.Pd., MM.

 

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Problem Based Learning, keterampilan siswa memecahkan masalah.

 

Dari hasil pengamatan peneliti di lapangan saat melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Cendika Bangsa Kepanjen-Malang menunjukkan bahwa guru masih menggunakan metode pembelajaran demonstrasi. Saat mengikuti pembelajaran Mengoperasikan Aplikasi Presentasi beberapa siswa terlihat kurang aktif saat proses pembelajaran berlangsung. Ketika guru menjelaskan materi beberapa dari siswa terlihat ada yang mengantuk dan mengobrol dengan temannya. Ini terjadi karena psoses pembelajaran yang kurang melibatkan keaktifan siswa. Materi yang disampaikan oleh guru kurang dapat diserap oleh siswa karena kurangnya perhatian dari siswa terhadap materi yang disampaikan guru. Dalam proses pembelajaran guru tidak memfasilitasi siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran dan mengembangkan pola pikir mereka, guru kurang bisa mengaitkan materi Mengoperasikan Aplikasi Presentasi dengan  penerapnnya dalam dunia nyata karena metode pembelajaran yang dipilih belum tepat. Dalam proses pembelajaran siswa kurang berpartisipasi dalam mengemukakan pendapat serta kurang adanya kerjasama yang baik dalam berdiskusi sehingga siswa kurang meningkatkan keterampilannya dalam memecahkan masalah. Untuk mengatasi situasi tersebut peneliti merasa pembelajaran kontekstual  yang tepat untuk mengaktifkan siswa dan mampu mengembangkan pola pikirnya yang kreatif serta mengembangkan keterampilan memecahan masalah adalah metode pembelajaran Kontejstual Inquiry.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui penerapan model pembelajaran Kontekstual Inquiry pada mata pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Presentasi pada siswa kelas XI APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen-Malang, mengetahui keterampilan siswa kelas XI APK di SMK Cendika Bangsa  dalam berdiskusi, mencari keberanaran dari teori yang telah ada serta mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari, serta bagaimana mereka dapat mempraktekkan teori yang sebenarnya dengan teman sejawat maupun dalam kehidupan afektif mereka. Data diambil dari pre test dan post test, lembar observasi aktivitas siswa dan catatan lapangan.

Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh pengamat penilaian aktivitas belajar siswa meningkat pada siklus I sebesar 84.61% sedangkan pada siklus ke II aktivitas siwa meningkat menjadi 92,31%. Sedangkan dalam ranah afektif prosentasi nilali siswa mengalami kenaikan dari 85,58% pada siklus I menjadi 89,94% pada siklus ke II. Hal ini membuktikan bahwa metode pembelajaran Kontekstual Inquiry dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa XI APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang.

Saran yang dapat diberikan kepada guru mata pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Presentasi adalah model pembelajaran Kontekstual Inquiry sebagai alternatif model pembelajaran dapat diterapkan dalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan keterampilan dalam memecahakan masalah sehingga siswa dapat menjadikan pengalaman yang mereka dapatkan menjadi suatu konsep materi pelajaran. Siswa hendaknya mengikuti pembelajaran tersebut dengan sungguh-sungguh dan percaya diri saat mengemukakan pendapat, karena pembelajaran tersebut akan melatih siswa untuk terampil dan lebih mengerti serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari