SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kompensasi Finansial dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi pada PT. Sakti Setia Santosa Malang)

RIBKA PUTRI MAHARDINI

Abstrak


Keberhasilan atau kegagalan suatu perusahaan sangat ditentukan oleh faktor sumber daya manusia. Sumber daya manusia sebagai penggerak atau pelaksana apa yang ada di dalam perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan. Pengelolaan sumber daya manusia yang baik akan menghasilkan kinerja yang baik secara keseluruhan. Salah satu sarana untuk mewujudkan kinerja karyawan yang optimal adalah dengan adanya kepuasan kerja dari karyawan itu sendiri. Salah satu cara perusahaan untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan adalah melalui kompensasi finansial dan lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi dan pengaruh kompensasi finansial dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Sakti Setia Santosa Malang.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Sakti Setia Santosa Malang yang berjumlah 58 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuisioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Deskripsi variabel kompensasi finansial yang diterima oleh karyawan termasuk dalam kategori memenuhi harapan, deskripsi variabel lingkungan kerja yang terdapat pada perusahaan termasuk dalam kategori memadai, deskripsi variabel kepuasan kerja yang dirasakan oleh karyawan termasuk dalam kategori puas; 2) Kompensasi finansial berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan; 3) Lingkungan kerja berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan.

Saran yang diberikan kepada responden atau karyawan PT. Sakti Setia Santosa Malang yaitu diharapkan karyawan lebih meningkatkan kesadarannya untuk menciptakan suatu kondisi yang memberikan rasa aman diantara karyawan itu sendiri serta membangun rasa kekeluargaan diantara pimpinan perusahaan dan karyawan sehingga pelaksanaan kerja dapat berjalan dengan baik, diharapkan karyawan dapat menata pola pikirnya dengan baik di dalam pelaksanaan kerja sehingga akan mampu bekerja sama dengan sesama rekan kerjanya dan ketika menemukan masalah di dalam pekerjaan dapat diselesaikan secara bersama.