SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KETIDAKPUASAN TERHADAP PERPINDAHAN MEREK PADA SMARTPHONE BLACKBERRY

Mochtar Asyrofi

Abstrak


Rumusan masalah yang ada pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana gambaran keadaan ketidakpuasan dan perpindahan smartphone merek BlackBerry pada mahasiswa Jurusan Manajemen angkatan 2015, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang? Dan (2) Seberapa besar pengaruh variabel ketidakpuasan terhadap perpindahan smartphone merek BlackBerry pada mahasiswa Jurusan Manajemen angkatan 2015, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang?

Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif dan eksplanatori dengan populasi yang terbatas (finite population) dan data dikumpulkan dengan kuesioner melibatkan 100 responden sebagai sampel yang dipilih dengan metode proposional random sampling. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana.

Hasil penelitian ini adalah ketika ditinjau dari segi kinerja produk, keistimewaan tambahan, keandalan, estetika, dan kualitas yang dipersepsikan didapatkan grand mean 3,41 yang berarti responden merasa tidak puas dengan smartphone BlackBerry. Meski terdapat  34% responden yang berpendapat desain tombol smartphone BlackBerry mudah digunakan. Konsumen yang tidak puas  memilih untuk melakukan perpindahan merek menuju merek smartphone yang menurut mereka lebih baik. Meski 38% responden mengaku smartphone baru yang mereka beli lebih mahal.