SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan kelas XI SMK Negeri 2 Blitar .

Rika Nurohmasari

Abstrak


Nurohmasari, Rika. 2014. Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan kelas XI SMK Negeri 2 Blitar . Skripsi, Prodi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mohammad Hari, M.Si, (2) Afwan Hariri Agus Prohimi, S.E., M.Si.

Kata Kunci : Minat Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan khususnya jurusan pemasaran adalah siswa yang dituntut untuk mampu menguasai keterampilan berwirausaha yang terdapat pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Ada beberapa faktor yang termasuk dalam meningkatkan hasil belajar prakarya dan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan pada siswa kelas XI program pemasaran di SMK Negeri 2 Blitar. (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan pada siswa kelas XI program pemasaran di SMK Negeri 2 Blitar. (3) Pengaruh minat belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan pada siswa kelas XI program pemasaran di SMK Negeri 2 Blitar.

Penelitian ini termasuk metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI jurusan pemasaran di SMK Negeri 2 Blitar yang berjumlah 141  siswa dan sampelnya menggunakan rumus Slovin jadi penelitian ini menggunakan siswa sebanyak 104 siswa jurusan pemasaran kelas XI di SMK Negeri 2 Blitar. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik  Proportional Random Sampling. Pengukuran data menggunakan skala Likert yang memiliki 5 alternatif jawaban. Menguji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Data yang terkumpul menggunakan analisis deskriptif dan regresi berganda menggunkan SPSS 17.0 for Windows.

Hasil Penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan pada siswa kelas XI program pemasaran di SMK Negeri 2 Blitar. (2) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan pada siswa kelas XI program pemasaran di SMK Negeri 2 Blitar. (3) ada pengaruh minat belajar  dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan pada siswa kelas XI program pemasaran di SMK Negeri 2 Blitar

Dengan hasil penelitian tersebut, maka dapat disarankan: (1) siswa disarankan mempertahankan minat dan motivasi belajar yang tinggi. (2) guru sebagai pendidik mampu memotivasi siswa untuk dapat memiliki minat belajar dan motivasi belajar yang tinggi agar hasil belajar yangtdiharapkan dapat tercapai. (3) peneliti selanjutnya yang mempunyai ide untuk melakukan penelitian sejenis disarankan untuk memperhatikan variabel-variabel yang dapat mempengaruhi tehadap hasil belajar guru sebagai pendidik mampu memotivasi siswa untuk dapat memiliki minat belajar dan motivasi belajar yang tinggi agar hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai.