SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL OTOMATISASI PERKANTORAN DENGAN METODE SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI PENGOPERASIAN WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi pada Siswa Kelas X APKSMK TEKSTIL Pandaan)

Maulidya Wahidayati

Abstrak


Wahidayati, Maulidya. 2015. Pengembangan Modul Otomatisasi Perkantoran dengan Metode Scientific Approchpada Materi Pengoperasian Website untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studipadasiswa X APK di SMK TekstilPandaan).Skripsi, JurusanManajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.pd., M.M (II) Drs. I NyomanSuputra, M.si

 

Kata kunci: modul, OtomatisasiPerkantoran, Scientific Approach, hasil belajar

Salah satu alternatif bahan ajar dalam bentuk tercetak yang dapat digunakan secara individu oleh siswa dalam proses belajar adalah modul. Terbatasnya modul dalam proses pembelajaran menyebabkan hasil belajar siswa kurang maksimal. Guna membantu proses pembelajaran peneliti mengembangkan bahan ajar berupa modul tercetak yaitu Modul Otomatisasi Perkantoran dengan Metode Scientific Approach pada materi Pengoperasian Website.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Memperkaya bahan ajar siswa dengan menghasilkan modul Otomatisasi Perkantoran yang sesuai dengan metode Scientific Approach bagi siswa kelas X Administrasi Perkatoran di SMK Tekstil Pandaan.2) Untuk mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi. 3) Untuk mengetahui efektivitas modul Otomatisasi Perkantoran dengan metode Scientific Approach padamateri Pengoperasian Website.

Rancangan penelitian pengembangan modul ini diadaptasi dari model 4-D melalui 4 tahap penelitian.Validasimoduldilakukanoleh 1 orang dosen jurusan manajemen program studi administrasi perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai ahli modul, 1 orang guru pengajar Otomatisasi Perkantoran sebagai ahli materi dan 6 siswa kelas X APK 1 SMK Tekstil Pandaan sebagai calon pengguna produk.

Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi empat aspek, yaitu (1) aspek kelayakan isi, (2) aspek kelayakan penyajian, (3) aspek kelayakan bahasa, dan (4) aspek kelayakan kegrafikan. Berdasarkan penilaian pada ke 4 aspek tersebut diperoleh data bahwa modul ini termasuk kategori valid dengan persentase uji validasi 87%. Efektivitas produk diperoleh data bahwa modul ini efektif digunakan, ditinjau dari perbedaan rata-rata hasilbelajarkelaseksperimendankelaskontrolyaitu 75.0 dengan 67.7 melalui uji t program SPSS. Selainitu, selisih kenaikan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas control sebesar 7,2% yang menunjukkan bahwa modul ini memiliki tingkat efektivitas yang tinggi berdasarkan criteria tingkat keefektifan penggunaan modul.sehingga modul dapat dikatakan efektif digunakan sebagai bahan ajar bagi siswa secara mandiri.

Saran bagi pengembangan lebih lanjut guru mata pelajaran OtomatisasiPerkantoranuntuk memanfaatkan modul ini dalam proses belajar mengajar atau sebagai alternatif penunjang pembelajaran.