SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kompensasi Finansial dan Non Finansial terhadap kinerja karyawan (studi pada PT. Karya Tugas Anda)

Wahyu Eka Pradana.

Abstrak


ABSTRAK

Pradana, Wahyu Eka. 2008. Pengaruh Kompensasi Finansial dan Non Finansial terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Afwan Hariri Agus Prohimi, SE, M.Si (II) Elfia Nora, S.E., M.Si.

Kata Kunci: Kompensasi finansial, Kompensasi non finansial, Kinerja

Kinerja sebuah karyawan di sebuah perusahaan dewasa ini erat kaitannya dengan Kompensasi,baik Kompensasi Finansial maupun Non Finansial. Hal inilah yang menggugah peneliti untuk meneliti hal ini terutama di perusahaan swasta,dalam hal ini PT Karya Tugas Anda,sebuah perusahaan karoseri di daerah Sukorejo,Pasuruan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompensasi finansial dan non finansial yang ada di PT. Karya Tugas Anda setra mengetahui pengaruh kompensasi finansial dan non finansial terhadap kinerja karyawan PT. Karya Tugas Anda. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Karya Tugas Anda yang berjumlah 135 orang, sedangkan sampelnya diambil sebanyak 101 orang dengan proportional random sampling Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk mendeskripsikan kondisi pemberian kompensasi finansial (X1), kompensasi non finansial (X2) dan kinerja karyawan (Y). Kemudian untuk uji kualitas data dilakukanlah uji validitas dan reliabilitas data. Teknik analisis regresi digunakan untuk mengetahui pengaruh pemberian kompensasi finansial (X1), kompensasi non finansial (X2), terhadap kinerja karyawan (Y). Hasil penelitian ini adalah secara parsial variabel pemberian kompensasi finansial (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Sedangkan variabel pemberian kompensasi non finansial (X2) juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan (Y).

Dari hasil uji parsial diketahui bahwa variabel yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap kinerja karyawan pada PT. Karya Tugas Anda adalah variabel pemberian kompensasi non finansial dengan sumbangan efektif sebesar 84,15%. Secara simultan variabel pemberian kompensasi finansial dan kompensasi non finansial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan PT.Karya Tugas Anda. Kinerja karyawan dipengaruhi oleh pemberian kompensasi finansial dan kompensasi non finansial sebesar 63,4%, sedangkan sisanya sebanyak 36,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang dapat disampaikan pada PT. Karya Tugas Anda agar tetap mempertahankan atau lebih meningkatkan pelaksanaan pemberian kompensasi finansial maupun kompensasi nonfinansial.