SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional terhadap Motivasi Kerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. PLN Persero APJ Malang)

rega kony fauzi

Abstrak


Era persaingan yang sangat ketat menuntut perusahaan untuk meningkatkan semangat kerja di perusahaan melalui peningkatan motivasi kerja karyawannya. Salah satu cara meningkatkan motivasi kerja adalah dengan mengefektifkan gaya kepemimpinan transformsional antara pimpinan dan bawahan. Gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung terhadap motivasi kerja karyawan pada suatu perusahaan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kondisi gaya kepemimpinan transformasional serta motivasi kerja karyawan PT PLN (Persero) APJ Malang; (2) Pengaruh langsung gaya kepemimpinan transformasional terhadap motivasi kerja karyawan PT PLN (Persero) APJ Malang.

Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner tertutup, wawancara, serta observasi. Populasi dalam karyawan ini adalah karyawan PT PLN (Persero) APJ Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yaitu semua karyawan PT PLN (Persero) APJ Malang (70 responden). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur regresi sederhana.

Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa: (1) Kondisi gaya kepemimpinan transformasional masuk dalam kategori tinggi, motivasi kerja karyawan tinggi pada PT PLN (Persero) APJ Malang; (2) Gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap motivasi kerja karyawan PT PLN (Persero) APJ Malang.

Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan: (1) Meningkatkan atau memperbaiki gaya kepemimpinan transformasional dengan menambah inovasi-inovasi baru dalam memimpin karyawannya dan menambah intensistas komunikasi antara atasan dn bawahan; (2) Meningkatkan motivasi kerja dengan peningkatan pemberian motivasi terutama dalam hal pemberian imbal balik atas apa yang telah dikerjakan terhadap karyawan PT PLN (Persero) APJ Malang.