SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Core VideoStudio Pro X7 Pada Siswa Kelas X SMK PGRI 6 Malang

Pawi Aryati, Pawi Aryati

Abstrak


ABSTRAK

Aryati, Pawi. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Corel VideoStudio Pro X7 pada Mata Pelajaran Strategi Pemasaran Siswa Kelas X Pemasaran SMK PGRI 6 Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Heri Pratikto, M.Si., (II) Drs. Moh. Hari, M.Si.,

Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Corel VideoStudio Pro X7

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi beberapa tahun ini mengalami peningkatan yang pesat. Hal ini mendorong untuk adanya upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil teknologi dalam proses belajar. Seiring dengan perkembangan tersebut maka cara mengajar dapat disempurnakan dengan menggunakan alat peraga untuk memudahkan dalam memahami kejelasan informasi yang disampaikan guru secara lisan. Guru menjelaskan materi dengan metode ceramah, siswa mencatat materi yang diterangkan guru. Hal ini mengakibatkan siswa kurang memahami materi yang disampaikan. Walaupun sering kali bertanya pada saat pelajaran berlangsung, namun hasil belajar sebagian siswa masih rendah. Dengan kondisi yang sedemikian rupa, maka diperlukan media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Peneliti tertarik untuk menggunakan media video sebagai saran membantu proses pembelajaran di kelas. Selain itu, video ini juga dapat membantu guru dalam menghadirkan dunia nyata di kelas.

Tujuan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan produk berupa video pembelajaran pada mata pelajaran Strategi Pemasaran kompetensi dasar Proses pengembangan produk baru untuk siswa kelas X PM di SMK PGRI 6 Malang; (2) menghasilkan buku panduan penggunaan media pembelajaran (3) menguji kelayakan dari media pembelajaran; (4) menguji keefektifan dari media pembelajaran.

Model pengembangan ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan sugiono yang telah dimodifikasi peneliti menjadi 8 langkah yaitu: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba; 7) revisi produk; 8) produk akhir. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket dan tes. Data dianalisis dengan persentase dari Akbar dan rata-rata kelas.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan software utama Corel VideoStudio Pro X7, (2) selain menghasilkan produk berupa media pembelajaran, penelitian dan pengembangan ini juga menghasilkan buku panduan penggunaan media pembelajaran, (3) hasil validasi dari ahli materi, ahli media dan siswa didapat sebesar 91,3%; 93,3% dan 85,5% berdasarkan kriteria kelayakan media dari Akbar (2013:82) media sangat layak digunakan dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran strategi pemasaran kompetensi dasar proses pengembangan produk baru, (4) terdapat peningkatan rata-rata siswa dari sebelum menggunakan media pembelajaran sebesar 80,42 menjadi 89,04 setelah menggunakan media pembelajaran. Hal ini berarti penggunaan media pembelajaran berbasis Corel VideoStudio Pro X7 efektif digunakan untuk pembelajaran di kelas.

Saran yang dapat peneliti berikan untuk pengembangan media berbasis Corel VideoStudio Pro X7 selanjutnya agar media video dapat dibuat lebih praktis dengan dilengkapi soal-soal serta media dapat dikombinasikan dengan software yang lain. Sehingga media pembelajaran dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran baik di kelas ataupun di rumah.