SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH ATMOSFER DAN CITRA TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi pada Pembeli Fashion di Bandung Sport Jl. MT Haryono 98 Malang)

ANGGI WAHYU WICAKSONO

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Wicaksono, Anggi Wahyu. Pengaruh Atmosfer dan Citra Toko Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Pembeli Fashion di Bandung Sport Jl. MT Haryono 98 Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Hermawan, M.Si.,M.Bus. (II) Rachmad Hidayat, S.Pd.

 

Kata Kunci: Atmosfer, Citra Toko, Keputusan Pembelian.

 

            Sekarang ini dunia usaha ritel semakin menjamur baik di pusat kota maupun daerah plosok. Salah satu usaha ritel tersebut adalah outlate fashion yang sering dikenal dengan nama distro. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, maka peritel harus dapat membangun kekuatan, yaitu dengan penciptaan desain interior (atmosfer) yang baik dan tepat sesuai dengan pasar sasarannya. Dimana dengan penciptaan atmosfer tersebut selain dapat menarik konsumen dalam keputusan pembeliannya juga dapat membangun citra toko (store image). Dengan penciptaan atmosfer yang baik dan tepat maka toko tersebut akan mempunyai citra yang positif di benak konsumen. Dengan bekal tersebut dapat menjadi stimuli bagi konsumen untuk masuk ke dalam toko, yang berlanjut pada proses interaksi hingga pada keputusan pembelian.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar variabel atmosfer dan citra toko mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Bandung Sport Jl. MT Haryono 98 Malang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS for windows 17.0.

Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung dan melakukan pembelian di Bandung Sport Jl. MT Haryono 98 Malang sebanyak 900 orang dalam periode satu bulan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik accidental sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan artinya siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Setelah menggunakan rumus slovin, diperoleh sampel sebanyak 100 orang responden dengan peneliti dijadikan sebagai wakil dari populasi yang ada.

Setelah dilakukan proses pengolahan data dan analisis regresi linier berganda diketahui hasil penelitian yang menyatakan (1) Atmosfer, dari hasil analisis data diperoleh bahwa nilai t hitung = 2,568; signifikan t = 0,012; t tabel = 1,985  dengan taraf signifikan 0,05, maka dengan hasil tersebut atmosfer mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, (2) Citra Toko, dari hasil analisis data diperoleh bahwa t hitung = 5,30; signifikan t  = 0,000; t tabel 1,985 dengan taraf signifikan 0,05, maka hasil tersebut menunjukkan bahwa citra toko berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. (3) Citra toko merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dengan hasil yang diperoleh bahwa nilai β = 0,464; zero order = 0,534; SE = 0,248. Hal ini menunjukkan citra toko merupakan faktor yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Bandung Sport Jl. MT Haryono 98 Malang.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa baik secara parsial maupun simultan variabel atmosfer dan citra toko berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan faktor yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah citra toko.

Dari hasil penelitian ini, saran yang diberikan adalah (1) Sebaiknya Bandung Sport Jl. MT Haryono 98 Malang lebih memperhatikan atmosfer toko yang diciptakan, seperti aroma pengharum ruangan agar selalu diperhatikan dengan menghidupkan alat untuk pengharum ruangan pada waktu toko mulai buka, karena konsumen akan merasa lebih nyaman untuk berbelanja apabila didalam toko aromanya segar. (2) Bahwa atmosfer dan citra toko mempunyai pengaruh yang kecil dalam mempengaruhi keputusan pembelian di Bandung Sport Jl. MT Haryono 98 Malang yaitu sebesar 32% dan sisanya 68% dipengaruhi faktor lain diluar penelitian, antara lain adalah penganekaragaman produk, penciptaan produk, dan harga. Faktor-faktor diluar penelitian tersebut disarankan dapat digunakan pada penelitian yang selanjutnya.


Teks Penuh: DOC PDF