SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Minat Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif Kelas X AP SMKN 2 Blitar.

Amalia Desy Budiarti

Abstrak


ABSTRAK

Budiarti, Amalia Desy. 2015. Pengaruh Minat Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif Kelas X AP SMKN 2 Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantora, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Mohammad Hari, M.Si (II) Hj. Madziatul Churiyah, S.Pd, M.M.

Kata Kunci :Minat Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi, Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar

            Minat belajar termasuk faktor internal yang berpengaruh terhadap hasil belajar, yang diartikan sebagai kecenderungan yang menetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa aktivitas tertentu untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang (1) bagaimana kondisi minat belajar, kondisi sosial ekonomi orang tua, lingkungan sekolah dan hasil belajar siswa kelas X AP SMKN 2 Blitar, (2) pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar kelas X AP SMKN 2 Blitar pada mata pelajaran produktif, (3) pengaruh antara kondisi sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar siswa kelas X AP SMKN 2 Blitar pada mata pelajaran produktif, (3) pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas X AP SMKN 2 Blitar pada mata pelajaran AP.

            Metode penelitian ini adalah regresi linier berganda. Teknik pengambilan data untuk ketiga variabel bebas pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Sedangkan pengambilan data untuk variabel terikat, hasil belajar siswa yaitu dengan dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini adalah Minat Belajar (X1), Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua (X2) dan Lingkungan Sekolah (X3) serta Hasil Belajar (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 121 siswa. Sedangkan jumlah sampel pada penelitian ini sejumlah 93 siswa.

            Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas X AP SMKN 2 Blitar pada mata pelajaran produktif, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar siswa kelas X AP SMKN 2 Blitar pada mata pelajaran produktif, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar siswa kelas X AP SMKN 2 Blitar pada mata pelajaran produktif.

            Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diharapkan (1) siswa bisa meningkatkan lagi minat belajarnya. Peran dari berbagai pihak sangat diperlukan, baik dari diri siswa sendiri, dari orang tua siswa dan juga dari guru di sekolah. Hendaknya peran dari berbagai pihak tersebut bisa berjalan secara beriringan. (2) kondisi sosial ekonomi orang tua hendaknya juga ditingkatkan agar orang tua mampu memenuhi fasilitas belajar anak dan dapat memaksimalkan hasil belajar anak, (3) lingkungan sekolah hendaknya juga harus lebih diperhatikan, seperti kelengkapan fasilitas dan peralatan yang menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah dan sebaiknya hubungan siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru selalu dijaga kebersamaannya agar menjadikan suasana belajar di dekolah lebih nyaman.