SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Analisis SWOT Sebagai Salah Satu Cara dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Pada PR. DUA DEWI Besuki-Tulung Agung)

Ibnu Wafa

Abstrak


ABSTRAK

 

 

 

Wafa, Ibnu. 2007. Penerapan Analisis SWOT Sebagai Salah Satu Cara dalam  Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Pada PR. DUA DEWI Besuki-Tulung Agung). Skripsi, Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sopiah, MPd., MM (II) Ely Siswanto, S.Sos., MM.

 

Kata Kunci: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Analisis SWOT

 

            Di era persaingan global yang semaki ketat saat ini, menuntut setiap perusahaan untuk dapat mengikuti perubahan di bidang pemasaran sesuai dengan kondisi pasar. Dalam menjalankan kegiatan operasional suatu perusahaan, maka hal yang paling mendasar untuk diperhatikan adalah analisis lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan juga analisis lingkungan eksternal (peluang dan ancaman). Apabila sudah menganalisis lingkungan ini maka pengambilan strategi akan lebih mudah untuk dilakukan. Dalam hal ini manajamen PR. DUA DEWI dapat menciptakan kebijakan-kebijakan yang dapat menunjang kelancaran usaha terutama dalam pengambilan keputusan strategisnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Faktor-faktor internal apa yang perlu diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran pada PR.DUA DEWI. (2) Faktor-faktor eksternal apa yang perlu diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran pada PR. DUA DEWI. (3) Bagaimana posisi PR. DUA DEWI dan strategi yang digunakan dalam menghadapi persaingan yang ketat saat ini. (4) Strategi pemasaran apa yang perlu diterapkan pada PR. DUA DEWI berdasarkan analisis SWOT.

            Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Variabel-variabel dalam penelitian ini terdiri dari 3 (tiga) variabel yaitu faktor internal, faktor eksternal dan strategi pemasaran. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan manajer pemasaran PR. DUA DEWI sedangkan untuk data sekuder diperoleh melalui artikel-artikel dan data dari PR. DUA DEWI. Pada pengumpulan data, teknik yang digunaka adalah observasi serta melalui wawancara secara mendalam dengan manajer pemasaran PR. DUA DEWI serta mempelajari analisis pasar saat ini.

Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa berdasarkan analisis faktor eksternal menunjukkan angka 3,20 dan skor faktor internal menunjukkan angka 2,90 dengan demikian dapat diketahui bahwa PR. DUA DEWI berada pada kuadran III, yaitu strategi Turn-Arround Strategy. Pada kuadran tiga ini perusahaan dihadapkan pada peluang pasar yang tinggi tetapi di lain pihak perusahaan menghadapi kendala internal yaitu kelemahan dalam perusahaan. Fokus strategi pada perusahaan ini adalah berusaha meminimalkan masalah-masalah internal dalam perusahaan sehingga manajemen dapat meraih berbagai peluang yang ada.

Sesuai hasil yang diperoleh dalam diagram analisis SWOT PR. DUA DEWI berada pada kuadran III yaitu Strategi Turn-Arround Strategy, dimana dalam kudran III merupakan situasi yang mendukung perusahaan untuk meminimalkan masalah-masalah internal perusahaan untuk meraih peluang-peluang yang ada. Strategi Turn-Arround Strategy merupakan pengaturan kembali semua dan dan daya secara internal, kelemahan perusahaan dapat diatasi dengan tindakan putar haluan/memfokuskan diri dari keterbatasan dalam unit bisnis tertentu bahkan dapat melikuidasi terhadap satuan usaha yang diperkirakan menjadi beban perusahaan. Hal ini dikarenakan satuan usaha tersebut tidak mampu berperan sebagai penghasil dana dan daya yang berguna bagi perusahaan.

            Dari hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan: (1) Terdapat berbagai faktor yang yang mempengaruhi kondisi internal PR. DUA DEWI. Faktor kekuatan antara lain: harga rokok yang murah, kemampuan meraih peluang pasar, kemampuan menghadapi perubahan pasar, perusahaan lokal, dan tenaga kerja yang terlatih. Sedangkan faktor kelemahannya adalah: manajemen yang masih tumpang tindih, keterbatasan modal, fasilitas kurang memadai, promosi yang kurang efektif, distribusi yang sering terlambat, hanya dua jenis rokok, pemasaran masih terbatas. (2) Berbagai faktor yang mempengaruhi kondisi lingkungan eksternal. Faktor peluang antara lain: permintaan masyarakat stabil, respon terhadap promosi penjualan, dikenal masyarakat, peningkatan omset penjualan, menggarap relung pasar yang tersedia. Sedangkan faktor ancamannya adalah: keadaan perekonomian belum stabil, kenaikan pajak rokok, pesaing dengan pasar cukup luas, langka dan mahalnya cengkeh dan tembakau, pesaing baru terus bermunculan, kualitas rokok yang masih rendah. (3) Alternatif strategi yang tepat adalah strategi SO, yang berarti strategi yang dibuat berdasarkan kemampuan perusahaan yang menciptakan strategi dengan meminimalkan kelamahan untuk memanfaatkan peluang yang ada.

            Beberapa saran yang dapat diberikan adalah (1) PR. DUA DEWI perlu melakukan proses analisa lingkungan internal maupun eksternal perusahaan mengingat perubahan pasar yang terus terjadi secara cepat, (2) PR. DUA DEWI sebaiknya dengan tepat memanfaatkan peluang yang ada untuk dapat menutupi segala ancaman. Permintaan masyarakat akan rokok merek Dua Dewi yang relatif stabil dengan menerapkan harga rokok yang murah harus diutamakan sehingga konsumen tidak berpindah ke rokok lain. (3) PR. DUA DEWI berada pada kuadran tiga yaitu Strategi Turn-Arround Strategy, maka harus tetap berupaya untuk memperbaiki kinerja perusahaan dengan selalu memperhatikan kondisi kinerja staff/karyawan, meningkatkan profesionalitas dalam bekerja dan berupaya terus mengenalkan rokok Dua Dewi kepada masyarakat luas dengan cara promosi dan iklan secara terus menerus. (4) Penggunaan strategi pemasaran pada PR. DUA DEWI sifatnya tidak tetap, strategi tersebut dapat berubah-ubah sesuai dengan situasi dan kondisi perusahaan itu sendiri.

 


Teks Penuh: DOC PDF