SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas X Program Keahlian Penjualan Di SMK Ngunut-Tulungagung

Heni Kustantina Dewi

Abstrak


ABSTRAK

Dewi, Kustantina Heni. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Team Games Tournamen (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas X Program Keahlian Penjualan di SMK Ngunut-Tulungagung. Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si (II) Imam Buchori, Spd, MM

Kata kunci: Pembelajaran kooperatif, Model Team Games Turnamen (TGT), Hasil Belajar.

Berdasarkan hasil wawancara awal dengan guru mata pelajaran Kewirausahaan pada tanggal 17 Maret 2009 di SMK ngunut-tulungagung di peroleh informasi bahwa pembelajaran Kewirausahaan tidak ditunjang oleh penggunaan metode-metode mengajar yang bervariasi. Metode yang banyak digunakan adalah ceramah atau berpusat pada guru atau teacher centeret, sehingga siswa cenderung pasif dan hanya siswa-siswa tertentu saja yang mau aktif  bertanya dan mau menjawab pertanyaan guru. Hal ini diduga bahwa siswa malas berfikir karena tidak terbiasa aktif berfikir dalam belajar dan mereka terbiasa tergantung pada materi yang diberikan oleh guru. Keadaan ini menunjukkan bahwa siswa kurang merespon dalam proses pembelajaran yang berlangsung. Secara umum hasil belajar yang diperoleh oleh siswa kelas x Penjualan kurang memuaskan, sebagian besar siswa sering mengikuti ulangan remidi karena nilai ulangan yang diperoleh kurang memenuhi Standar Ketuntasan Minimum (SKM) yang ditetapkan di SMK Ngunut-Tulungagung yaitu 6.00. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu strategi dan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya adalah strategi pembelajaran Team Games Tournamen (TGT). Team Games Tournamen (TGT) merupakan bentuk pembelajaran kooperatif dimana setelah siswa belajar dalam kelompoknya yang berkemampuan heterogen, setelah itu masing-masing kelompok mengadakan turnamen dengan kelompok yang lain yaitu kelompok yang berkemampuan homogen atau sesuai dengan kemampuannya.  Masing-masing siswa mewakili kelompok asal dalam melakukan turnamen dan berusaha bertanding mendapatkan skor terbaik untuk kelompok heterogennya. Bagi kelompok yang mendapatkan skor terbaik dalam turnamen akan mendapatkan hadiah.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model Team games Tournamen (TGT) pada mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas x program keahlian Penjualan di SMK Ngunut-Tulungagung, 2) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Kewirausahaan siswa kelas x program keahlian Penjualan di SMK Ngunut-Tulungagung melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT), 3) Untuk meningkatkan respon belajar pada mata pelajaran Kewirausahaan siswa kelas x program keahlian Penjualan di SMK Ngunut-Tulungagung, melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT).

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang tiap siklusnya meliputi 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, penamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas x Penjualan di SMK Ngunut-Tulungagung yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan tes tulis yang dilaksanakan setiap akhir siklus, wawancara, pengamatan partisipan, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi.

Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa aspek kognitif pada siklus 1 dapat diketahui jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 27 siswa (77,1%), sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar menjadi 32 siswa (91,4%). Sedangkan hasil belajar siswa dari aspek afektif pada siklus 1 (Observer 1 dan2) siswa yang tuntas belajar sebanyak 29 siswa (82,8%), sedangkan pada siklus 2 (observer 1) meningkat menjadi 85,7% (30 siswa), sedangkan dari observer 2 jumlah siswa yang tuntas belajar 31 siswa (88,6%). Data Observer 1 hasil belajar siswa aspek psikomotorik siklus 1 jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 22 siswa (62,86%), sedangkan pada observer 2 jumlah siswa yang tuntas belajar 25 siswa (71,41%). Pada siklus 2 (observer 1) mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 30 siswa (85%), dan pada observer 2 jumlah siswa yang tuntas belajar 31 siswa (88,6%). Dari hasil angket respon siswa dapat diketahui bahwa respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif model Team Game Tournamen sangatlah positif.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Team Game Tournamen (TGT) dapat meningkat respon dan hasil belajar Kewirausahaan siswa kelas x penjualan di SMK Ngunut-Tulungagung. Saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian, 1) Sebaiknya guru pada mata pelajaran Kewirausahaan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam kegiatan pembelajaran agar respon dan hasil belajar siswa meningkat. Salah satu model yang dapat meningkatkan respon dan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Team games Tournament sehingga model pembelajaran ini disarankan untuk diterapkan dikelas. 2) Penerapan dan pelaksanaan model pembelajaran Team Games Tournament, hendaknya lebih variatif, misalnya dengan mengajak para siswa terjun langsung ke lapangan untuk mengamati obyek yang dipelajari. 3) Permasalahan yang digunakan dalam model pembelajaran Team Games Tournament  hendaknya lebih aktual dan beragam. 4) Bagi guru yang ingin menerapkan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament hendaknya memperhatikan alokasi waktu sesuai dengan yang sudah direncanakan. 5) Untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk menerapakan model pembelajaran Team Games Tournament  pada mata pelajaran yang berbeda. 

 

Abstraction

Dewi, Kustantina Heni. 2009. Cooperative Learning Team Games Tournamen (TGT) for increase of the student achievement on the grade  x Program of the selling at SMK Ngunut-Tulungagung. Department Administration study Program S1 Program Economics Faculty State Universiti Of Malang. Advisor: (I) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si (II) Imam Buchori, Spd, MM

Keywords : Cooperative learning, Team Games Tournament Models (TGT), Study Result.

According to the earlier interview whit the teacher of Business Subject in 17 March 2009 at SMK Ngunut Tulungaggung (Ngunut Vocational School), the writer get some information that teaching of business subject donot accompany whit the use of variative methods. The most used method in class only teacher speech and teacher centered. It make students accept the materials passively and only some student ask and answer the question. This is apparently because they lazy to think and do not actively thinking in their study and they only to the materials given by teachers. This circumstance showa that students have a lack responsive in the teaching and learning procces. Generally the study result of x grade marketing students are not good enough, most of them often retake the exam because they get bellow the minimum passing grade of SMK Ngunut - Tulungagung, that is 6,00.

The solve this problems, teachers need strategies and methods which can help to increase the students study result of students. And one of the strategy is team game tournament (TGT). TGT is one of the cooperative teaching technique where as students represent their main group in competition and try to get the highestscore for teir heterogen group for the best group in the tournament will get the reward.

The purposes of this research are 1) to descrite the use of cooperative teching team tournament (TGT) techniquen teach business subject of x grade marketing students at SMK Ngunut-Tulungaggung  2) To increase the score of x grade marketing students of SMK Ngunut Tulungagung throught cooperative teaching (TGT) technique 3) To increase the student respose for busniness subject at x grade marketing students of SMK Ngunut Tulungagung throught cooperative teaching (TGT) technique.

The research is class action research using qualitative approach. This research is done in 2 pereodic. Which every periodic divided into 4 step, that is, planning action, application, scoring and reflecn tioning. The scope are 35 students of x grade marketing students, this research use writing test in every periodic, interview, student observations, hand note, questionaire, and documentation.

From the analisis data the writer reveals that students study result from the cognitive aspect 27 (77.1 %) students passed the study and from second periodic the students who pass the exam are increasing become 32 students (91,4%). Meanwhile, from the affective aspect in the first periodic (observer 1 and 2) 29 students (82,8%) past the study. From second periodic (observer 1) increasing become 85,7% students (30) and observer 2, 31 students pass the study (88,6%). From data observer 1 in psycomotoric periodic 1, 22 students pass the exam (62,86%) data from observer 2, 25 students pass the exam (71,41%). Meanwhile from periodic 2 (observer 1) students who pass the study are increasing become 30 students (85%) and from the observer 2, 31 students pass the study from the questionnair, students responses at cooperative teaching TGT technique have positive effect.

From this research the writer can make one srtaigh line that the use of cooperative teaching TGT technique can increase the response and the study result of business subject of x grade marketing students at SMK Ngunut - Tulungagung. Some sugestion from the writer according to the research, 1) Teachers of business subject should use move variative in teaching and learning process to make response and the study result of business subject increasing one of this method is TGT technique. 2) The use and te apllying of TGT should be more variative for example, students are asked to observer the business study in their real live. 3) Problems use in the TGT technique should be more actual and variative. 4) For the teachers, who try to apply the TGT technique should also considen the time limitation in teaching process. 5) For further researchers are suggested to use TGT technique for other subjects. 


Teks Penuh: DOC PDF