SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan (Studi Kasus pada Mie Jogja Pak Karso di Malang)

Putri Pramesti

Abstrak


ABSTRAK

 

Pramesti, Putri. 2008. Pengaruh BauranPromosi Terhadap Keputusan Pembelian

Produk Makanan (Studi Kasus pada Mie Jogja Pak Karso di Malang).

Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri

Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Hermawan, M.Si., M.Bus., (II)

Madziatul Churiyah S.Pd., M.M.

 

Kata kunci: bauran promosi, keputusan pembelian.

 

Perkembangan usaha saat ini maju dengan pesat. Persaingan usaha pun

juga semakin ketat. Pelaku usaha dituntut harus berusaha lebih keras dan cermat

dalam menghadapi pesaing. Pelaku usaha harus menggunakan strategi yang tepat

agar dapat bertahan di pasar. Salah satu strategi yang digunakan adalah bauran

promosi. Mie Jogja Pak Karso di Malang menggunakan bauran promosi yang

meliputi periklanan, promosi penjualan, penjualan perseorangan, hubungan

masyarakat, dan pemasaran langsung.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh bauran promosi,

yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, penjualan perseorangan,

hubungan masyrakat, dan pemasaran langsung terhadap keputusan pembelian

produk makanan, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan

pada Rumah Makan Mie Jogja Pak Karso di Malang. Penentuan sampel

menggunakan accidental sampling, penetuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu

siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai

sampel, bila dipandang orang itu cocok sebagai sumber data. Besarnya sampel

dalam penelitian ini sebesar 100 responden. Penelitian ini menggunakan analisis

regresi berganda untuk mendeskripsikan pengaruh bauran promosi terhadap

keputusan pembelian baik secara parsial maupun secara simultan.

Dari hasil penelitian ini, periklanan memperoleh nilai b1 = 0,125, t hitung =

2,043, dan sig t= 0,044. Promosi penjualan memperoleh nilai b 2 = 0,198, t hitung =

2,264, dan sig t= 0,026. Penjualan perseorangan memperoleh nilai b 3 = 0,459,

t hitung = 3,925, dan sig t= 0,000. Hubungan masyarakat memperoleh nilai b 4 =

-0,536, t hitung = -2,581, dan sig t= 0,011. Dan pemasaran langsung memperoleh

nilai b 5 = 0,217, t hitung = 2,047, dengan sig t= 0,043. Dari data tersebut, dapat

disimpulkan bahwa semua elemen bauran promosi mempengaruhi keputusan

pembelian konsumen. Dalam penelitian ini, nilai R 2 = 0,384, ini berarti sebesar

38,4 % semua elemen bauran promosi yang dijelaskan dalam penelitian ini

mempengaruhi keputusan pembelian. Sedangkan sisanya sebesar 61,6 %,

keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan

oleh peneliti dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, diperoleh nilai F hitung =

11,696 dengan sig= 0,000. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, empat elemen

bauran promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, penjualan

perseorangan, dan pemasaran langsung berpengaruh positif yang signifikan

terhadap keputusan pembelian. Sedangkan satu elemen, yaitu hubungan

masyarakat berpengaruh negatif yang signifikan terhadap keputusan pembelian.

Sehingga semua elemen bauran promosi dalam penelitian ini berpengaruh

signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan.

Bauran promosi yang paling dominan dalam penelitian ini adalah penjualan

perseorangan.

Mie Jogja Pak Karso sebaiknya mengkombinasikan semua elemenelemen

bauran promosi, karena dengan mengkombinasikan masing-masing

bauran promosi secara tepat dan efektif, Mie Jogja Pak Karso akan dapat bertahan

di pasar yang penuh dengan persaingan ini. Dengan memahami pengaruh bauran

promosi terhadap keputusan pembelian, pihak Mie Jogja Pak Karso dapat

menggunakan hasil penelitian tersebut untuk meningkatkan pendapatan dan

meningkatkan kualitas mutu produk dan layanan yang diberikan kepada

pelanggan.


Teks Penuh: DOC PDF