SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG CARA MENGAJAR DOSEN DAN SARANA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA ADP 26 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG)

ENGGAR CHRISYA PUTRI WUSANANI

Abstrak


i
ABSTRAK
Wusanani, Enggar C.P, 2009. Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Cara
Mengajar Dosen dan Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar
Mahasiswa ADP 2006 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.
Skripsi, Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi
Perkantoran Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sarbini,
(II) Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M
Kata Kunci: Cara Mengajar Dosen, Sarana Belajar dan Prestasi Belajar
Pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan sumber daya
manusia yang berkualitas, dan pendidikan juga mendukung tercapainya
pembangunan nasional. Untuk dapat mewujudkan pembangunan nasional melalui
pendidikan perlu pemberdayaan manusia yang berkualitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran tentang persepsi
mahasiswa tentang cara mengajar dosen mengetik manual program studi ADP
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. (2) Gambaran tentang sarana
belajar program studi ADP Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. (3)
Prestasi belajar mahasiswa ADP 2006 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri
Malang. (4) Pengaruh positif signifikan antara persepsi mahasiswa tentang cara
mengajar dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa ADP 2006 Universitas
Negeri Malang secara parsial pada mata kuliah mengetik manual. (5) Pengaruh
positif signifikan antara sarana belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa ADP
2006 Universitas Negeri Malang secara parsial pada mata kuliah mengetik
manual. (6) Pengaruh positif signifikan antara persepsi mahasiswa tentang cara
mengajar dosen dan sarana belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa ADP 2006
Universitas Negeri Malang secara simultan pada mata kuliah mengetik manual.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ADP 2006 Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan purposive sampling
dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 49 responden.
Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang cara
mengajar dosen yang masuk dalam kategori sangat baik yaitu dengan nilai ratarata
sebesar 3,07. Hasil analisis statistik deskriptif mengenai sarana dan prasarana
belajar maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa kondisi sarana dan prasarana
belajar sebagian besar masuk dalam kategori baik yaitu dengan nilai rata-rata
sebesar 2,94. Hasil prestasi belajar Mahasiswa ADP 2006 Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Malang masuk dalam kategori sangat baik. Hal tersebut dapat
dibuktikan bahwa data sekunder yang diolah oleh peneliti tahun 2008, dapat
diketahui bahwa nilai rata-rata prestasi belajar Mahasiswa ADP 2006 Fakultas
Ekonomi Universitas Negeri Malang yaitu sebesar 3,3. Berdasarkan hasil tersebut
maka dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar Mahasisiwa ADP 2006 Fakultas
Ekonomi Universitas Negeri Malang masuk dalam kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda yang telah dilakukan
dapat dketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara
variabel persepsi mahasiswa tentang cara mengajar dosen terhadap prestasi belajar
mahasiswa ADP 2006 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Hasil
tersebut dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < , (5%) dan nilai t
ii
hitung untuk variabel persepsi mahasiswa tentang cara mengajar dosen
menunjukkan 4,803 dan t tabel sebesar 2,0117.
Terdapat pengaruh yang positif signifikan secara parsial antara variabel
sarana belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa ADP 2006 Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Malang dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < , (5%)
dengan adanya t hitung untuk variabel sarana dan prasarana belajar menunjukkan
7,828 dan t tabel sebesar 2,0117. Hasil analisis uji F dapat diketahui bahwa
persepsi mahasiswa tentang cara mengajar dosen dan sarana dan prasarana belajar
secara secara simultan (bersama-sama) mempunyai pengaruh signifikan terhadap
prestasi belajar mahasiswa ADP 2006 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri
Malang. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis regresi berganda diperoleh
nilai Fhitung sebesar 38,529 dan F tabel 3,230 dengan signifikansi 0,000, sehingga
dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi F lebih kecil dari  (0,05) dan F
hitung > F tabel.
Saran yang dapat diberikan yaitu (1) Bagi dosen Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Malang, diharapkan untuk meningkatkan kreatifitas dan
keterampilan dalam mengelola kelas dengan harapan dapat memberikan persepsi
yang positif tentang tata cara mengajar yang diterapkan kepada para mahasiswa.
(2) Bagi peserta didik/mahasiswa, diharapkan untuk mempergunakan sarana dan
prasarana pendidikan secara maksimal dengan harapan dapat mendukung atas
pencapaian prestasi belajar secara maksimal. Sebagai motivasi untuk lebih
meningkatkan prestasi belajarnya. (3) Bagi Peneliti Selanjutnya, bagi peneliti
selnjutnya yang berminat untuk melanjutkan penelitian ini diharapkan untuk
menyempurnakannya yaitu dengan menggunakan variabel lain yang berpengaruh
terhadap prestasi belajar mahasiswa sehingga penelitian ini dapat lebih
berkembang dan memperluas wawasan. (4) Bagi Universitas Negeri Malang,
diharapkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah ilmu
pengetahuan yang berkaitan dengan pengaruh persepsi mahasiswa tentang cara
mengajar dosen dan sarana belajar terhadap prestasi belajar serta sebagai bahan
kajian bagi pembaca.