SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Penerapan Strategi Promosi (Promotion Mix) Produk Tabungan (Studi pada Bank Muamalat Cabang Malang)

Andhika Widhi Prasetya

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetya, Andhika Widhi. 2013. Analisis Penerapan Strategi Promosi (Promotion Mix) Produk Tabungan (Studi pada Bank Muamalat Cabang Malang). Skripsi Jurusan Manajemen, Konsenterasi Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Sutrisno, M.M., (II) Afwan Hariri, S.E., M.Si

 

Kata Kunci: Promosi, Strategi Promosi, Promotion Mix

 

Promosi memiliki unsur informatif, persuasif dan membangun citra suatu perusahaan maupun produk. promosi akan berfungsi dengan baik deengan perencanaan strategi promosi yang matang. strategi promosi terbentuk atas dasar riset tentang keunggulan produk, kelemahan produk, peluang produk dan ancaman produk. data riset tersebut diolah dan dievaluasi menghasilkan sebuah rancangan strategi promosi.

Fukos penelitian meliputi (1) Latar belakang penerapan strategi promosi BMI Malang (2) Penerapan strategi promosi BMI Malang dan (3) pengendalian strategi promosi BMI Malng.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang melibatkan peneliti secara langsung dalam proses mengumpulkan dan menganalisa data. pengumpulan data melibatkan informan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. data yang diperoleh dianalisis dengan teknik triangulasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) diperlukan perencanaan untuk melakukan strategi promosi. perencanaan tersebut antara lain riset konsumen, kondisi produk sendiri dan kondisi produk pesaing. (2) Pelaksanaan kegiatan bauran promosi memiliki tata cara dan tujuan berbeda. (3) Pengendalian promosi dilakukan untuk menjaga efektivitas dan efisiensi kegiatan promosi.

Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi tambahan ilmu dan rujukan bagi pelaku kegiatan usaha tentang bagaimana melakukan riset, membentuk strategi promosi berdasarkan data yang diperoleh, melaksanakan kegiatan promosi, melakukan pengendalian promosi dan mengevaluasi kegiatan promosi.