SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL MIX PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA PELANGGAN (Studi pada Kelas X APK SMK Kosgoro 1 Lawang)

Mauryn Jevie Kumala

Abstrak


ABSTRAK

 

Kumala, Mauryn Jevie. 2012. Penerapan Pembelajaran Model Mix Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan (Studi Pada Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Kosgoro 1 Lawang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed.,M.Si. (II) Dr. Ludi Wishnu Wardana, ST.,S.Pd.,SE.,M.M.

 

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Model Mix Pair Share, Hasil Belajar

 

Salah satu model pembelajaran kooperatif yaitu Mix Pair Share digunakan untuk membantu siswa memahami pelajaran yang diberikan di kelas serta lebih aktif karena diberikan kesempatan untuk berbagi atau menyampaikan ide, selain itu model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa diharapkan dapat lebih mudah menyerap materi-materi yang diajarkan. Hasil pengamatan di kelas X program keahlian perkantoran SMK Kosgoro 1 Lawang dengan standar kompetensi memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan hasil belajar siswa ranah kogitif tergolong rendah. Berdasarkan hasil belajar rata-rata siswa yang didapat dari nilai UTS adalah 72,06 dan ketuntasan klasikal 44,82%, siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 75 sebanyak 13 siswa, sedangkan sisanya yaitu 16 siswa dikatakan belum tuntas belajar.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa SMK Kosgoro 1 Lawang, (2) Penerapan pembelajaran model Mix Pair Share, (3) Hasil belajar siswa setelah penerapan model Mix Pair Share, dan (4) Kendala yang dihadapi pada saat penerapan penerapan model Mix Pair Share.

Penelitian ini merupakan  jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran  SMK Kosgoro 1 Lawang yang berjumlah 29 siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan & refleksi.

Hasil penelitian pembelajaran Mix Pair Share mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I hasil analisis aktivitas guru sebesar 89,28%  dan aktivitas siswa yaitu 89,28%   dan masuk dalam kategori “A”. Hasil analisis aktivitas guru pada siklus II sebesar 96,42%  dan aktivitas siswa yaitu 96,42% dan masuk dalam kategori “A”. Sedangkan untuk hasil belajar siswa aspek kognitif menunjukkan nilai rata-rata ranah kognitif pada pra tindakan 72,06 kemudian siklus I meningkat menjadi 83,12 dan siklus II meningkat menjadi 90,96. Ketuntasan klasikal ranah kognitif juga mengalami peningkatan. Pada pra tindakan sebesar 44,82%, meningkat pada siklus I menjadi 73,07%dan siklus II menjadi 92,30%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan (1) Bagi guru, dapat menerapkan model Mix Pair Share, sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran, (2) Bagi siswa, perlu meningkatkan keaktifan bertanya maupun berpendapat agar lebih memahami materi dan membuat suasana di dalam kelas menjadi lebih hidup dan dapat meningkatkan keaktifan dalam kelas, (3) Bagi peneliti berikutnya, dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran kooperatif model Mix Pair Share, bukan hanya pada mata pelajaran Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan, tetapi juga pada mata pelajaran lain yang sesuai.