SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap kepuasan peserta didik menengah atas dilembaga bimbingan belajar Primagama Cabang Mojokerto

ELLYA DAMAYANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Damayanti, Ellya. 2012. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap kepuasan  peserta didik menengah atas dilembaga bimbingan belajar Primagama Cabang Mojokerto. Skripsi, Jurusan Manajemen FE Universitas Negri Malang. Pembimbing: (I)  Dr. Aniek Indrawati,S. Si. M. M, (II) Dr. Suwarni, M.Si

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Peserta Didik

 

Perusahaan yang bergerak dibidang jasa sangat bergantung oleh konsumen atau pelanggan, maka dari itu perusahaan harus lebih maksimal dalam memperhatikan kualitas jasa yang akan diberikan. Dalam sistem pelayanan yang bermutu dapat membantu membentuk/menciptkan kepuasan. Manajer dalam meningkatkan kualitas pelayanan harus memperhatikan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu Keandalan, Daya Taggap, Jaminan, Empati, Bukti Fisik sehingga perusahaan mudah untuk mencapai suatu kepuasan konsumen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan kepuasan peserta didik serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta didik LBB Primagama Mojokerto.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif, sedangkan populasi yang digunakan adalah siswa/peserta didik menengah atas diLBB Primagama. Jumlah sampel yang digunakan 102 Simple Random Sampling dengan Instrumen yang digunakan adalah angket/kuisioner. Pada variable bebas penelitian ini menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan (X) yang terdiri dari Keandalan (X1), Daya Taggap (X2), Jaminan (X3), Empati (X4), dan Bukti Fisik (X5), sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan peserta didik (Y).

Berdasarkan analisis data tersebut, diperoleh gambaran terdapat pengaruh parsial dan simultan antara variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari Keandalan (X1), Daya Taggap (X2), Jaminan (X3), Empati (X4), dan Bukti Fisik (X5) terhadap kepuasan peserta didik di LBB Primagama  Cabang Mojokerto.

Dari hasil penelitian tersebut dapat disarankan bahwa variabel kualitas pelayanan masih efektif untuk digunakan sebagai sumber keberhasilan LBB Primagama Cabang Mojokerto yang dapat mempengaruhi kepuasan peserta didik oleh karena itu perlu disarankan adanya peningkatan terhadap kualitas pelayanan. Dengan meningkatkan kualitas pelayanan bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati agar lebih berkualitas dari yang telah ada sekarang ini, sehingga dampak yang diharapkan dari pelayanan tersebut dapat tercapai secara maksimal yakni dampak positif yang berupa kepuasan peserta didik.