SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Koleksi dan Sarana Perpustakaan Terhadap Motivasi Berkunjung (Studi Pada Siswa Kelas X dan XI yang Berkunjung Ke Perpustakaan Di SMA Negeri 5 Malang).

Diana Ambarwati

Abstrak


ABSTRACT

Ambarwati, Diana. 2009. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Koleksi dan Sarana Perpustakaan Terhadap Motivasi Berkunjung (Studi Pada Siswa Kelas X dan XI yang Berkunjung Ke Perpustakaan Di SMA Negeri 5 Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen S1 Pendidikan Adminstrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) DR. Sudarmiatin, M.Si, (II) Imam Bukhori,S.Pd, M.M

 

Kata kunci: Library Collections and Facilities, Visiting Motivation

 

The research is an associative research. The chosen population was students of class X and XI of SMA Negeri 5 Malang visiting the school library on December 2008 that is 223 students. The sampling technique used in the research is simple random sampling with 144 respondents, and the analysis method used is multiple regression method.

The result shows that there is a partially positive and significant influence of library collections and facilities on the student visiting motivation to the school library in SMA Negeri 5 Malang. There is a simultaneously positive and significant influence of the library collections and facilities on the student visiting motivation to the school library in SMA Negeri 5 Malang. According to Standardized Coefficients Beta, library facilities have dominant influences on the student visiting motivation to the school library in SMA Negeri 5 Malang. Suggestions that can be recommended related to the result of the research are the school should give more attention in improving the management of the school library facilities focused on the completeness of the library collections and the comfort of the library facilities. As the time to complete the library collections and facilities, students are encouraged to visit the library often. The condition of the student visiting motivation to the school library in SMA Negeri 5 Malang is categorized high enough. That is why, the school is expected to maintain and improve the recent condition. It is intended to improve the student competence as what students are learning. Ways applied by the school recently (like encouraging students to visit the library by including learning program activities taken place in the library) should be maintained. Some strategies are creating a comfortable environment by making the room more colorful and cheerful, providing a set of sound system for music, and spreading the air freshener. About the room design, there are tables of which the color are needed to repaint and it should be added some individual tables, not just group tables. About the ventilation, it should be provided air conditioner (AC). In further researches, it is suggested to take better objects that are other variables of out of the research such as librarians, the headmaster and teachers’ attention, the relationship with the curricula, and programs and activities designed by the librarians (Suherman, 2009:10). That will probably influence the visiting motivation and the sample used is all libraries in all schools in Malang. Taking all libraries in all schools in Malang, the result of the research will have higher diversities in term of school management that can influence student visiting motivation to the school library. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRAK

Ambarwati, Diana. 2009. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Koleksi dan Sarana Perpustakaan Terhadap Motivasi Berkunjung (Studi Pada Siswa Kelas X dan XI yang Berkunjung Ke Perpustakaan Di SMA Negeri 5 Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen S1 Pendidikan Adminstrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) DR. Sudarmiatin, M.Si, (II) Imam Bukhori,S.Pd, M.M

 

Kata kunci: Koleksi dan Sarana Perpustakaan, Motivasi Berkunjung

 

Keberhasilan tujuan pendidikan nasional harus memperhatikan komponen pendidikan khususnya sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran dengan adanya perpustakaan sekolah. Dalam meningkatkan kompetensi siswa sesuai dengan yang sedang dipelajari, pihak sekolah seringkali hanya terfokus pada bagaimana mengembangkan perpustakaan sekolah dan memperbaiki kualitas anak didik dengan memanfaatkan sarana perpustakaan yang tersedia. Kendati sering terdengar isu tentang pentingnya pengelolaan koleksi dan sarana perpustakaan di lingkungan sekolah, tetapi penanganannya secara terencana dan terfokus, baik oleh Departemen Pendidikan Nasional dan pihak sekolah masih jarang dilakukan.

Adanya koleksi dan sarana perpustakaan yang lengkap, tersedia dan nyaman untuk digunakan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap motivasi siswa untuk sering berkunjung ke perpustakaan sekolah. Pihak sekolah baik guru bidang studi maupun petugas perpustakaan dapat mempengaruhi motivasi siswa untuk berkunjung. Koleksi dan sarana perpustakaan mempengaruhi motivasi siswa berkunjung ke perpustakaan sekolah, dimana motivasi menurut Uno (2008:23) menyatakan bahwa indikator motivasi belajar dapat diklasifikasikan sebagai berikut: a) adanya hasrat dan keinginan berhasil,  b) adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, c) adanya harapan dan cita-cita masa depan, d) adanya penghargaan dalam belajar, e) adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, f) adanya lingkungan belajar yang kondusif sehingga memungkinkan seseorang siswa dapat belajar dengan baik. Penerapan koleksi dan sarana perpustakaan yang tepat akan mempunyai pengaruh yang berarti dalam motivasi siswa berkunjung, maupun dalam mempengaruhi siswa untuk selalu meningkatkan kompetensi sesuai dengan yang sedang dipelajarinya.

Motivasi berkunjung mengacu pada keinginan/dorongan siswa untuk sering melakukan aktivitas kunjungan ke perpustakaan sekolah. Keinginan/dorongan berkunjung ke perpustakaan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam tercapainya kompetensi pembelajaran yang optimal. Motivasi akan timbul dalam diri siswa apabila ada perhatian dan kepercayaan yang diberikan oleh pihak sekolah, serta komunikasi yang lancar antara siswa dengan guru dan petugas perpustakaan dengan guru, sehingga akan dapat meningkatkan motivasi berkunjung.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara: (1) koleksi perpustakaan terhadap motivasi siswa berkunjung, dan (2) sarana perpustakaan terhadap motivasi siswa berkunjung.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Populasi yang dipilih adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 5 Malang yang berkunjung ke perpustakaan pada bulan Desember 2008 berjumlah 223 siswa. Dalam teknik sampling ini digunakan teknik pengambilan simple random sampling dengan sampel sebanyak 144 responden, dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda (multiple regression).

            Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan Koleksi dan Sarana Perpustakaan secara parsial terhadap Motivasi Siswa Berkunjung ke Perpustakaan di SMA Negeri 5 Malang; (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan Koleksi dan Sarana Perpustakaan secara simultan terhadap Motivasi Siswa Berkunjung ke Perpustakaan di SMA Negeri 5 Malang; (3) Berdasarkan Standardized Coefficients Beta, Sarana Perpustakaan memiliki pengaruh dominan terhadap Motivasi Siswa Berkunjung ke Perpustakaan di SMA Negeri 5 Malang. Saran yang dapat direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian yang didapatkan adalah: (1) Pihak kepala sekolah hendaknya lebih meningkatkan pengelolaan sarana perpustakaan sekolah yang lebih baik yaitu dengan menambah meja individu bukan hanya meja kelompok sehingga siswa yang ingin belajar secara individu dapat memanfaatkannya, untuk penataan udaranya pun perlu ditambah dengan memperbanyak ventilasi udara di bagian atas ruangan atau menggunakan AC, maka siswa akan semakin termotivasi untuk sering berkunjung ke perpustakaan sekolah; (2) Kondisi motivasi siswa berkunjung ke Perpustakaan di SMA Negeri 5 Malang dikategorikan cukup tinggi. Oleh  karena itu, pihak sekolah diharapkan harus dapat mempertahankan dan  meningkatkan  lagi  kondisi  tersebut.  Sehingga mampu meningkatkan kompetensi siswa sesuai dengan yang sedang dipelajari. Cara-cara  yang telah  diterapkan  pihak sekolah selama  ini  (seperti selalu memotivasi siswa untuk berkunjung dengan mengikutkan pada aktivitas program pembelajaran) harus  dipertahankan dan  ditingkatkan  lagi  dengan menciptakan suasana yang sesuai dengan selera siswa yang biasanya ceria dan penuh warna, misalnya dengan mendengarkan musik, penggunaan warna tembok dan aroma ruangan; (3) Dalam  penelitian  selanjutnya  agar  objek  yang  diambil  lebih  baik  adalah variabel-variabel lain di luar penelitian seperti pengelola perpustakaan (pustakawan), perhatian guru dan kepala sekolah, keterkaitan dengan kurikulum, serta program dan kegiatan yang dibuat oleh perpustakaan (Suherman, 2009 : 10) yang dapat mempengaruhi motivasi berkunjung dengan sampel perpustakaan sekolah se-Malang Raya. Dengan mengambil  sampel pada perpustakaan sekolah se-Malang Raya maka akan memiliki keragaman  yang lebih tinggi dari segi manajemen sekolah yang dapat mempengaruhi motivasi berkunjung siswa ke perpustakaan sekolah.