SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AP PADA MATA PELAJARAN MENGOPERASIKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DI SMK PGRI 4 KOTA BLITAR

Lilin Endah Palupi

Abstrak


ABSTRAK

 

Endah  P,  Lilin.  2012.  Penerapan  Pembelajaran  Metode  Demonstrasi  Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X AP Pada Mata Pelajaran Mengoperasikan  Aplikasi  Perangkat  Lunak  di  SMK  PGRI  4  Kota Blitar.  Skripsi,  Program  Studi  S1  Pendidikan  Administrasi Perkantoran,  Jurusan  Manajemen,  Fakultas  Ekonomi,  Universitas

Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Aniek Indrawati, S.Si, M.M., (2) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si

 

Kata kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar Siswa.

Dalam  hal  peningkatan  kualitas  pembelajaran,  pendidik  harus  mampu menemukan  strategi  atau  pendekatan  pembelajaran  yang  efektif, menyenangkan dan  lebih  memberdayakan  potensi  siswa.  Pembelajaran  metode  demonstrasi merupakan salah satu metode yang dapat digunakan sebagai inovasi pembelajaran tersebut. Karena metode ini mendorong siswa untuk aktif dan menemukan sendiri apa yang dipelajarinya.  Permasalahan yang terdapat di SMK PGRI 4 Kota Blitar diketahui bahwa

kegiatan belajar pada mata pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak menggunakan penugasan, namun masih didominasi oleh guru dan kurang terpusat pada  siswa,  sehingga  aktivitas  siswa  kurang  berkembang.  Pembelajaran  yang dilakukan  oleh  guru  masih  bersifat  teoritik,  jadi  siswa  kurang  dapat mengembangkan pengetahuannya. Selain hal  tersebut permasalahan  yang  terjadi pada  siswa  kelas X APK  adalah  banyak  siswa  yang masih  kurang  berani  untuk mengungkapkan  jawaban,  pendapat  ataupun  ide  dalam  pikirannya.  Apabila aktivitas di dalam kelas menurun maka prestasi belajar pun akan menurun.  Penelitian  ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan  jenis Penelitian Tindakan Kelas.  Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk mengetahui  penerapan metode  pembelajaran,  hasil  belajar,  serta  respon  siswa  dalam  pembelajaran metode  demonstrasi. Pengumpulan  data  dilakukan  dengan menggunakan  lembar  observasi, pedoman wawancara, tes dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian di SMK PGRI 4 Kota Blitar diketahui bahwa penerapan  pembelajaran  metode  demonstrasi  (1) menjadikan  siswa  lebih  aktif, berani  bertanya  dan  menyampaikan  pendapat,  (2)  meningkatkan  hasil  belajar aspek  kognitif  serta  psikomotor.  Peningkatan  aspek  afektif  sebesar  5,14%  dari siklus I sebesar 81,62% menjadi 86,76% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar aspek kognitif sebesar 5,88% dari siklus  I sebesar 88,23% menjadi 94,11% pada siklus  II.  Sedangkan  pada  aspek  psikomotor  mengalami  peningkatan  sebesar 2,62% pada siklus I mencapai rata-rata 85,29% dan pada siklus II mencapai rata-rata 87,91%. Setelah  penelitian  ini  dilaksanakan maka  dianjurkan  kepada  guru  untuk selalu memberikan arahan dan motivasi kepada  siswa agar  siswa  lebih aktif dan berani  mengutarakan  pendapatnya.  Guru  juga  dianjurkan  untuk  lebih  efektif dalam  mengatur  waktu  yang  terbatas  untuk  materi  praktek  seperti  pada  mata pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak.