SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keberhasilan Penyelenggaraan Program Pelatihan Manajemen Emosi dan Spiritual Mayangkara (MESM) di Stasiun Radio Mayangkara Grup Kota Blitar

farid dyah kurniasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniasari, Farid Dyah. 2011. Keberhasilan Penyelenggaraan Program Pelatihan Manajemen Emosi dan Spiritual Mayangkara (MESM) di Stasiun Radio Mayangkara Grup Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Lasi Purwito, M.S. (2) Drs. Ahmad Mutadzakir, M.Pd.

 

Kata Kunci 1

Keberhasilan, Program Pelatihan MESM. Sebuah program pelatihan idealnya memiliki tujuan untuk menyediakan suatu lingkungan dalam memenuhi kebutuhan pribadi serta membangkitkan potensi untuk lebih kreatif dan inovatif yang disebut juga sebagai pengembangan sumber daya manusia, sebagai upaya dalam memperoleh pendidikan dalam jalur pendidikan non formal. Setidaknya, hal ini yang dilakukan pihak Radio Mayangkara Grup dalam penyelenggaraan program pelatihan Manajemen Emosi & Spiritual Mayangkara (MESM) kepada masyarakat. Dengan status non lembaga diklat, pihak penyelenggara pelatihan sudah sepatutnya mengikuti prosedur perencanaan pelatihan yang baik, guna mencapai nilai keberhasilan program. Melihat banyaknya animo masyarakat yang terlibat dalam pelaksanaan program pelatihan MESM, dinilai program ini menuai keberhasilan, baik dari sisi organisasi maupun peserta pelatihan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor keberhasilan program pelatihan dilihat melalui aspek perancangan dan pelaksanaan program pelatihan, serta melalui penuturan dari alumni peserta tentang kesan-kesan selama mengikuti pelatihan MESM. Penelitian ini merupakan jenis pelatihan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah bapak Alwi Maulana, S.Pd selaku ketua yayasan MESM yang sekaligus mewakili penanggung jawab program dalam memberikan data, serta 7 orang alumni peserta pelatihan MESM yang terlibat menjadi responden. Waktu pelaksanaan penelitian adalah bulan Desember 2010 sampai bulam Maret 2011, melalui hasil observasi bulan Februari 2010. Untuk mengumpulkan data yang relevan guna menjawab fokus penelitian, maka penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, yang diuji keabsahan datanya melalui triangulasi sumber data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat faktor keberhasilan program pelatihan MESM. Faktor-faktor tersebut adalah (1) mengalami kelancaran dalam pelaksanaan programnya, karena melalui perencanaan dan pelaksanaan sesuai prosedur serta melakukan evaluasi pada setiap pelaksanaan program, (2) tingginya animo masyarakat yang turut berpartisipasi dalam pelaksanaan pelatihan, yang terlaksana sejak tahun 2005 hingga sekarang membawa dampak positif bagi organisasi maupun masyarakat, hal ini tidak lain disebabkan oleh peran Radio Mayangkara Grup yang relatif menonjol di masyarakat. Karena tujuan utama dari penyelenggaraan program pelatihan MESM adalah lebih kepada pengembangan SDM kepada masyarakat secara universal, serta untuk kepentingan sosial dengan penggalangan dana peduli sosial melalui program pelatihan MESM, untuk membantu masyarakat kurang mampu yang memiliki kelainan fisik agar mendapatkan pelayanan medis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan kepada pengelola program pelatihan bahwa dalam pelaksanaan program mengupayakan prosedur kerja yang lebih baik dari pelaksanaan sebelumnya. Serta memberikan metode-metode yang lebih variatif dan inovatif pada angkatan-angkatan selanjutnya, guna mendukung besarnya animo masyarakat sebagai indikator keberhasilan terhadap pelaksanaan program pelatihan MESM. :