SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Strategi Perekrutan, Seleksi, Pelatihan, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk Menciptakan Budaya Organisasi yang Berprinsip Syariah (Kasus pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Malang)

Tri Wahyuni

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyuni, Tri. 2011. Analisis Strategi Perekrutan, Seleksi, Pelatihan, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk Menciptakan Budaya Organisasi yang Berprinsip Syariah (Kasus pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Malang). Skripsi, Jurusan manajemen, Program Studi S1 manajemen Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Syihabudhin, S.E, M.Si. (II) Elfia Nora, S.E, M.Si.

 

Kata Kunci: Perekrutan, Seleksi, Pelatihan,  Pengembangan, Budaya Organisasi

Tingginya persaingan perbankan syariah saat ini menuntut sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten. Aspek internal dalam setiap perusahaan/perbankan yang kondusif membantu tumbuh kembangnya perbankan syariah, misalkan saja dalam penciptaan budaya organisasi. Budaya organisasi merupakan identitas yang membedakan antara organisasi yang satu dengan organisasi lainnya. Budaya oganisasi merupakan suatu kepercayaan yang dianut oleh karyawan yang ada didalam organisasi tersebut. Sumber daya manusia sangat berperan penting, sehingga perlu ditingkatkan kualitasnya. Strategi awal yang harus dilakukan perusahaan yaitu strategi dalam perekrutan dan seleksi, Untuk meningkatkatkan kemapuan karyawan di dalam organisasi, dapat melalui program pelatihan dan pengembangan SDM. Dengan strategi perekrutan dan seleksi serta  pelatihan dan pengembangan SDM yang sesuai, maka budaya organisasi yang ingin diciptakan oleh perusahaan dapat tercapai.

Berangkat dari masalah tersebut, peneliti memiliki kuriositas yang lebih untuk meneliti bagaimana sebenarnya dalam penciptaan budaya organisasi yang berprinsip syariah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi perekrutan, seleksi, pelatihan, dan pengemabangan sumber daya manusia untuk menciptakan budaya organisasi yang berprinsip syariah.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, Karen ini lebih cocok untuk kasus yang sedang peneliti teliti, karena penelitian ini membutuhkan penelitian yang lebih mendalam.

Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwasanya dalam perekrutan kurang spesifik, untuk seleksi masih terkesan agak longgar, sedangkan untuk pelatihan dan pengembangan masih diperlukan tentang pelatihan nilai, sehingga budaya yang diinginkan bisa terwujud, namun untuk dilihat secara keseluruhan sudah baik. PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk khususnya cabang Malang bisa lebih membenahi tentang strategi-strategi yang berkenaan dengan penciptaan budaya organisasi yang berprinsip syariah.