SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh rasio lancar, perputaran piutang, dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas pada perusahaan food and beverage yang listing di BEI periode 2004-2006

Mufti Imaniar

Abstrak


Dunia usaha semakin berkembang, maka persangian antar perusahaan semakin ketat khususnya antar perusahaan yang sejenis. Kondisi yang seperti ini menutut perusahaan untuk selalu mengembangkan strategi perusahaan agar dapat bertahan atau bahkan berkembang dan lebih berkembang. Untuk itu lebih diperlukan suatu penanganan dan pengolahan sumber daya- sumber daya yang dikelola oleh pihak manajemen. Agar perusahaan bisa mempertahankan eksistensinya dan memperbaiki kinerja perusahaan. Oleh karena itu perlu adanya pengelolaan modal kerja secara efektif dan efisien sehingga meningkatkan usaha untuk mencapai keuntungan yang diharapkan.
Tujuan Penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui kondisi Rasio lancar Perputaran piutang, Perputaran persediaan, dan Return on Investment(ROI), (2) Untuk mengetahui pengaruh Rasio lancar terhadap Return on Investment (ROI) pada perusahaan Food and Beverage yang Listing di BEI periode 2004-2006, (3) Untuk mengetahui pengaruh Perputaran piutang terhadap Return on Investment (ROI) pada perusahaan Food and Beverage yang Listing di BEI periode 2004-2006, (4) Untuk mengetahui pengaruh Perputaran persediaan terhadap Return on Investment (ROI) pada perusahaan Food and Beverage yang Listing di BEI periode 2004-2006, (5) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan Rasio lancar, perputaran piutang, dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yakni perusahaan Food and Beverage yang Listing di BEI periode 2004-2006 yaitu ada 20 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 perusahaan, sampel penelitian ini berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.
Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji normalitas terlebih dahulu,lalu  uji regresi linier berganda dan kemudian uji t dan uji F untuk mengetahui tingkat signifikansi antar variabel bebas dengan variabel terikat.
 Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada pengaruh secara parsial untuk masing-masing variabel bebas (Rasio lancar, Perputaran piutang, Perputaran persediaan) terhadap variabel terikat Return on Investment (ROI). Dan secara simultan tidak ada pengaruh antar variabel bebas terhadap variabel terikat.
Adapun saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian ini adalah: (1) Bagi investor, Dalam menanamkan modalnya pada perusahaan, hendaknya mempertimbangkan tingkat keuntungan dan variabel-variabel lain yang berpengaruh pada profitabilitas. (2) Bagi perusahaan Food and Beverage, hendaknya lebih meningkatkan lagi rasio lancar, perputaran piutang, perputaran persediaan guna mencapai laba atau tingkat profitabilitas semaksimal mungkin.(3) Bagi peneliti berikutnya, disarankan untuk menambah sampel penelitian dengan lebih banyak lagi dengan perusahaan dan tahun yang sama atau dengan perusahaan dan tahun yang berbeda. Serta menambah variabelnya baik variabel bebas maupun variabel terikat.