SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR DAN HARGA DIRI SISWA (Studi pada Siswa Kelas XII.APk-1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Mata Pelajaran Kearsipan)

Wiwin Indriana

Abstrak


ABSTRAK

 

Indriana, Wiwin. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dan Talking Stick untuk Meningkatkan Aktivitas, Hasil Belajar dan Harga Diri Siswa (Studi pada Siswa Kelas XII.APk-1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Mata Pelajaran Kearsipan). Skripsi, Jurusan Manajemen. Prodi Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Sarbini (2) Madziatul Churiyah, S.Pd, M.M.

 

Kata Kunci: Numbered Heads Together, Talking Stick, Aktivitas, Hasil Belajar, Harga Diri

Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dan Talking Stick merupakan penerapan model pembelajaran dalam satu siklus tetapi dilaksanakan dalam pertemuan yang berbeda. Pertemuan pertama pada tiap-tiap siklus menerapakan model Numbered Heads Together. Sedangkan pada pertemuan kedua tiap-tiap siklus menerapkan Talking Stick.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, angket, wawancara dan tes. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XII APk-1 yang berjumlah 40 siswa. Mata pelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah mata pelajaran Kearsipan.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Numbered Heads Together dan Talking Stick pada mata pelajaran Kearsipan sudah berjalan lancar. Aktivitas siswa dilihat dari elemen saling ketergantungan, interaksi tatap muka, akuntabilitas individual dan keterampilan menjalin hubungan antar pribadi mengalami peningkatan. (2) Numbered Heads Together dan Talking Stick efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Rata-rata hasil belajar dari nilai test mengalami peningkatan dari 63,57 (pre test siklus I) menjadi 66,83 (pre test siklus II), kemudian dari 73,65 (pre test siklus I) menjadi 83,03 (post test siklus II). (3) Hasil angket harga diri pada siklus pertama diklasifikasikan dalam kategory cukup baik. Sedangkan pada siklus II tergolong dalam kategori baik.

Untuk hasil angket harga diri pada siklus I tergolong dalam kategori cukup dihargai dan pada siklus II tergolong kategori dihargai. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan harga diri siswa XII APk-1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata pelajaran Kearsipan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang diberikan oleh peneliti yaitu: (1) Bagi guru mata pelajaran Kearsipan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dapat menggunakan berbagai macam model pembelajaran yang disesuaikan dengan pokok bahasan, (2) Bagi peneliti lain diharapkan bisa menggunakan model pembelajaran yang lain tetapi pada mata pelajaran yang sama, (3) Bagi siswa hendaknya lebih meningkatkan kreativitas untuk berfikir serta lebih berani untuk menyampaikan pendapat.