SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen dalam penggunaan kartu seluler simpati

Eny Mulyono

Abstrak


ABSTRAK

 

Mulyono, Eny. 2011. Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam Menggunakan Kartu Seluler Simpati (Studi pada Mahasiswa Universitas Negeri Malang Kampus III Blitar). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Gatot Isnani, M.Si, (II) Drs. Mohammad Arief. M.Si

 

Kata kunci: Atribut Produk, Keputusan Pembelian.

 

Perkembangan teknologi dan informasi saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat yang menyebabkan perusahaan harus mampu bertahan dan harus memenuhi kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen. Informasi dan komunikasi pada saat ini menjadi sebuah fenomena yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Pada saat ini konsumen lebih bersifat selektif dan kritis dalam memilih produk yang akan dibeli serta tidak lagi membeli produk sekedar berdasarkan pertimbangan dalam fisik saja. Namun juga termasuk segala aspek pelayanan yang melekat pada produk dan tahap pra pembelian sampai tahap purna beli.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk seluler adalah atribut produk. Dimana atribut produk pada Kartu Seluler Simpati meliputi harga, mutu, merek, kemasan, dan fasilitas (layanan pendukung).

Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi deskriptif yaitu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan, mencatat, menganalisis, serta menginterprestasikan data dari variabel atribut produk yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan kartu seluler simpati. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel (Y), dimana variabel bebasnya yaitu atribut produk terdiri dari lima subvariabel yaitu harga (X1), mutu (X2), merek (X3), kemasan (X4) dan fasilitas (layanan pendukung) (X5). Sedangkan variabel terikat (Y) adalah keputusan pembelian dalam membeli produk kartu seluler simpati.

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Malang Kampus III Blitar yang menggunakan kartu seluler simpati. Jumlah populasi sebanyak 585 orang mahasiswa. Sempel pada penelitian ini sebesar 73 orang mahasiswa (berdasarkan rumus). Penentuan jumlah sampel tersebut karena adanya keterbatasan dana, waktu, dan tenaga. Sehingga pengambilan sampel dilakukan secara multi tahap yaitu Proportional Sampling dan Acidental Sampling. Adapun metode pengumpulan data adalah dengan menyebarkan angket atau kuisioner dan melakukan wawancara kepada responden yang membeli kartu seluler simpati. Analisis penelitian yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda dengan uji Asumsi Klasik.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh enam kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. (1), ada pengaruh yang signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan kartu seluler simpati oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang Kampus III Blitar sebesar 33 (45,21%). (2), ada pengaruh yang signifikan antara mutu terhadap keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan kartu seluler simpati oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang Kampus III Blitar sebesar 38 (52,05%). (3), ada pengaruh yang signifikan antara merek terhadap keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan kartu seluler simpati oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang Kampus III Blitar sebesar 39 (53,42%). (4), ada pengaruh yang signifikan antara kemasan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan kartu seluler simpati oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang Kampus III Blitar sebesar 45 (61,64%).(5), ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas ( layanan pendukung ) terhadap keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan kartu seluler simpati oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang Kampus III Blitar sebesar 35 (47,94%). (6), secara simultan ada pengaruh positif yang signifikan harga, mutu, merek, kemasan, dan fasilitas (layanan Pendukung) terhadap keputusan pembelian kartu seluler simpati oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang Kampus III Blitar sebesar 43 (58,90%).

Saran yang dapat dikemukakan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama penelitian ini adalah sumbangan efektif atribut mutu terhadap keputusan pembelian kartu seluler simpati oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang Kampus III Blitar adalah sebesar 17,31 % yang merupakan sumbangan terbesar diantara atribut lainnya yang diteliti. Untuk itu produsen kartu seluler simpati perlu terus melakukan riset untuk menciptakan produk-produk terbaru yang saat ini belum ada supaya mutu dan kualitas produknya bisa meningkat dengan bagus dan luas.