SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Membeli Produk Pond’s (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Univeristas Negeri Malang)

Karomatul Islamiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Islamiyah, Karomatul. 2010. Pengaruh Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Membeli Produk Pond's (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Univeristas Negeri Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sudarmiatin, M. Si., (II) Lohana Juariyah, S.E., M.Si.

 

Kata Kunci: Kepercayaan Merek, Loyalitas Konsumen

 

Pond's merupakan produk kecantikan yang sudah mempunyai nama besar. Namun dalam kondisi persaingan yang semakin ketat, perusahaan harus mampu mempertahankan konsumennya. Dalam upaya mempertahankan konsumennya dibutuhkan kepercayaan merek yang tinggi, karena melalui kepercayaan merek akan dapat membuat konsumennya terus loyal terhadap produk Pond's. 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kepercayaan merek dan loyalitas konsumen terhadap produk kecantikan merek Pond's di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, serta variabel kepercayaan merek yang mempengaruhi loyalitas konsumen. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas (X) yang terdiri dari brand reliability (X1)dan brand intention (X2), sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah loyalitas konsumen.

Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini berusaha menjelaskan pengaruh sub variabel kepercayaan merek secara parsial maupun secara simultan terhadap loyalitas konsumen dalam membeli produk Pond's di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang menjadi konsumen produk Pond's. Sedangkan sampel sebanyak 110 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh empat kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang memiliki kepercayaan merek (brand reliability dan brand intention) yang tinggi dan loyalitas konsumen yang tinggi dalam membeli produk Pond's. Kedua, brand reliability secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dalam membeli produk Pond's dan intention secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dalam membeli produk Pond's. Ketiga, kepercayaan merek (brand reliability dan brand intention) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap loyalitas konsumen dalam membeli produk Pond's. Keempat, sub variabel kepercayaan merek yang dominan mempengaruhi loyalitas konsumen dalam membeli produk Pond's adalah brand reliability.

Saran yang direkomendasikan terkait hasil penelitian yang didapatkan adalah, (1) Pihak PT. Unilever selaku pihak yang mengeluarkan produk Pond's sebaiknya terus meningkatkan tampilan iklan di Tv yang lebih menarik lagi dengan cara menampilkan public figure yang terkenal ataupun dengan inovasi latar cerita yang menonjolkan keunggulan Pond's agar dapat semakin meningkatkan kepercayaan merek konsumennya. Selain itu, dari sumbangan efektif menunjukkan bahwa niatan merek Pond's kurang dominan sehingga PT. Unilever harus mengkaji lagi bukti konkrit yang diterima oleh konsumen bukan hanya berupa niatan agar konsumen tidak kecewa. (2) Peneliti menyarankan dalam penelitian selanjutnya, objek penelitian yang diambil lebih baik yaitu masyarakat umum dari berbagai golongan usia, dan tempat penelitian yang lebih luas supaya data penelitian diperoleh lebih valid agar variabel yang diteliti lebih tereksplorasi. Selain itu, peneliti selanjutnya disarankan menambah jumlah variabel penelitian yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen selain variabel yang diteliti saat ini seperti atribut produk, threat emotion, involvement dan kepuasan konsumen.