SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Konsumen tentang Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rokok LA Lights (Studi pada Mahasiswa Pengunjung Kantin Pujasera Universitas Negeri Malang).

MIRZA AGIANDRA

Abstrak


ABSTRAK

 

Agiandra, Mirza. 2010. Pengaruh Persepsi Konsumen tentang Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rokok LA Lights (Studi pada Mahasiswa Pengunjung Kantin Pujasera Universitas Negeri Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. I Wayan Jaman Adi Putra, M.Si (2) Drs. Agus Hermawan M.Si, M.Bus.

 

Kata Kunci: Persepsi Konsumen tentang Bauran Promosi, Keputusan Pembelian Rokok LA Lights.

 

Seiring dengan perkembangan informasi dan teknologi yang semakin pesat, dunia bisnis pun juga semakin berkembang, khususnya dalam bidang pemasaran yang saat ini persaingannya semakin ketat. Salah satu strategi pemasaran adalah bauran promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, penjualan langsung dan hubungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keadaan persepsi konsumen tentang bauran promosi terhadap keputusan pembelian rokok LA Lights pada Mahasiswa Pengunjung Kantin Pujasera Universitas Negeri Malang; (2) Pengaruh Persepsi Konsumen tentang Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rokok LA Lights pada Mahasiswa Pengunjung Kantin Pujasera Universitas Negeri Malang secara parsial maupun simultan.

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengunjung kantin Pujasera Universitas Negeri Malang yang mengkonsumsi rokok LA Lights. Dari rumus Slovin, diperoleh sampel sebanyak 70 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan 5 alternatif jawaban. Untuk uji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data regresi linear berganda dengan menggunakan uji t dan uji F. Untuk menguji kelayakan regresi menggunakan uji asumsi klasik dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian ini adalah bahwa: (1) Mahasiswa pengunjung kantin Pujasera Universitas Negeri Malang setuju dengan promosi penjualan dan sangat setuju dengan periklanan yang dilakukan rokok LA Lights; (2) Persepsi konsumen tentang penjualan langsung dan hubungan masyarakat berpengaruh namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan: (1) LA Lights meningkatkan penjualan langsung dengan memberi pelatihan kepada SPG agar melayani konsumen lebih ramah, sehingga konsumen merasa nyaman dan dapat meningkatkan penjualan. (2) LA Lights lebih meningkatkan hubungan masyarakat misalnya dengan menerbitkan majalah tentang PT. Djarum sebagai perusahaan yang memproduksi rokok LA Lights, sehingga konsumen bisa lebih mengenal strategi yang dilakukan perusahaan untuk mengembangkan produknya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Agiandra, Mirza 2010. The Effect of Consumer Perception of Promotion Mix on LA Lights Cigarette Purchase Decision. (A Study of students in Pujasera Cafetaria of State University of Malang). Sarjana's Thesis. Department of Management, Faculty of Economics, State University of Malang. Advisors: (1) Dr. I Wayan Jaman Adi Putra, M.Si (2) Drs. Agus Hermawan M.Si, M.Bus.

 

Keywords: Perception about promotion, LA Lights cigarette purchase decision.

 

Along with the progress of technology and information, the business world is going to develope as well, especially in the marketing that increase a lot competitors. One of the marketing strategy is promotion mix that consist of advertising, sales promotion, public relation and personal selling. The purpose of this research is to know: (1) The situation of consumer perception about promotion mix to LA Lights cigarette purchase decision to the student in Pujasera cafetaria of State University of Malang. (2) The impact of Consumer Perception about promotion mix partially and simultaneously to LA Lights cigarette purchase decision.
The population of this research is the student in Pujasera cafetaria as known as LA Lights cigarette consumer. Based on Slovene formula, get 70 samples by simple random sampling technique. The data collecting technique use the questionnaire. This research use the likert scale with 5 selection answers. The proper of the instrument tested by validity and reliability test. The analysis technique use the multiple linear regression with t-test and F-test. To test the proper regression use the classic assumption by SPSS 16 for Windows.

The results of this research: (1) The student in Pujasera cafetaria of State University of Malang are agree with the sales promotion and very agree with advertising of LA Lights cigarette. (2) Consumer perception about direct marketing and public relation has impact but not significant to purchase decision.

The suggestion based on this research are: (1) LA Lights can increase direct marketing by held the training to their SPG, so they can serve the consumer better and consumer will be more comfort with it. (2) LA Lights can increase public relation such as rising a magazine about PT Djarum as the main company of LA Lights, so that consumer can get more information about the strategy that using by PT Djarum to develop their product.