SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Kegiatan Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X APK pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor di SMK PGRI 2 Malang

Nanda Octaviana Fardani

Abstrak


ABSTRAK

 

Fardani, Nanda Octaviana. 2010. Penerapan Kegiatan Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X APK Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor di SMK PGRI 2 Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Nyoman Suputra, M.Si, (II) Imam Bukhori, S.Pd, M.M.

 

Kata kunci: Lesson Study, hasil belajar.

 

Lesson Study merupakan suatu kegiatan secara kolaboratif melalui tiga tahapan yaitu Plan, Do, dan See. Guru model berkolaborasi dalam merencanakan RPP sebelum mengajar di kelas. Lesson Study bukanlah model atau metode pembelajaran tetapi melalui Lesson Study model atau metode pembelajaran bisa diterapkan. Lesson Study juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran baik meningkatkan kualitas kinerja guru maupun hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil pengamatan awal, wawancara guru dan siswa menunjukkan bahwa selama ini guru yang mengajarkan mata pelajaran Mengelola Peralatan kantor kelas X Administrasi Perkantoran (APK) belum pernah menggunakan model pembelajaran terutama kegiatan Lesson Study dalam mengajar di SMK PGRI 2 Malang. Melalui Lesson Study guru model bisa saling sharing dalam tahap Plan mengenai model atau metode apa yang akan digunakan pada pembelajaran yang akan dilakukan di dalam kelas. Dari praktek di kelas (Do) bisa diketahui model atau metode tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa, secara tidak langsung berarti guru juga meningkatkan kualitas mengajarnya dengan menggunakan model atau  metode pembelajaran. Apabila berhasil maka dapat dijadikan masukan bagi guru yang lain, apabila belum berhasil berarti perlu adanya perbaikan pada pembelajaran selanjutnya pada tahap See.

Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober sampai 10 Nopember 2010. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari pre test dan post test. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas  X APK  SMK PGRI 2 Malang yang terdiri dari 31 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, angket dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kegiatan Lesson Study yang dilakukan dalam mata pelajaran Mengelola Peralatan Kantor siswa kelas X APK di SMK PGRI 2 Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dibuktikan adanya peningkatan rata-rata hasil pre test siklus II sebesar 63,91 menjadi 77,2 pad post testnya. Begitu juga pada siklus III terjadi peningkatan dari rata-rata pre test sebesar 61 menjadi 78,22 pada post testnya. Skor siswa pada siklus I dapat dijadikan dasar atau nilai tambahan pada siswa karena dalam siklus I tidak ada pre test maupun post test.

Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan Lesson Study mampu dan efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, kualitas kinerja guru, dan hasil belajar siswa. Dari pihak sekolah perlu adanya sosialisasi lebih lanjut mengenai seminar tentang peningkatan kualitas guru maupun siswa terutama mengenai Lesson Study. Selain itu, perlu adanya pemahaman lebih mendalam mengenai Lesson Study.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disarankan kepada peneliti selanjutnya dengan kasus serupa untuk lebih mengembangkan variabel-variabel penelitian yang bervariasi yang diharapkan dapat mengungkap lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil temuan penelitian yang lebih berarti dan menggunakan teknik pengumpulan data yang bervariasi agar hasil penelitian lebih akurat dan objektif.