SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sintesis dan Karakterisasi Zeolit Berbahan Dasar Limbah Lumpur Geothermal dengan Metode Hidrothermal

M Hidayatullah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayatullah, M. 2018. Sintesis dan Karakterisasi Zeolit Berbahan Dasar Limbah Lumpur Geothermal dengan Metode Hidrothermal.Skripsi. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sumari, M.Si., (II) Dr. Hj. Fauziatul Fajaroh, M.S.

 

Kata Kunci: limbah,lumpur geothermal, metode hidrotermal, zeolit.

Limbah lumpur geothermal merupakan limbah yang dikeluarkan oleh PLTP Dieng, Jawa Tengah. Limbah lumpur geothermal keberadaannya sangat melimpah dan belum dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Limbah lumpur geothermal diketahui memiliki kadar SiO2yang tinggi. Potensi ini dapat dimanfaatkan untuk sintesis zeolit dengan metode hidrotermal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui karakteristik limbah lumpur geothermalyang merupakan limbah PLTP Dieng Jawa Tengah, (2) mengetahui pengaruh jenis, konsentrasi, lama perendaman, dan volume asam, dalampemurnian silika menggunakan metode leaching asam, (3) mengetahui pengaruh konsentrasi NaOH terhadap sintesis katalis zeolit dari lumpur geothermal dengan metode hidrotermal, dan (4) mengetahui karakteristik zeolit hasil sintesis dengan bahan dasar silika dari limbah lumpur geothermal.

Penelitian ini terdiri dari empat tahap yakni (1) pengambilan limbah lumpur geothermal (sampling),(2)preparasi dan analisis kandungan limbah lumpur geothermal,(3) pemurnian silika limbah lumpur geothermalmenggunakan metode leaching asam dengan variasi HCl & HNO3; konsentrasi asam 0,5M, 1,0M, 1,5M, 2,0M, & 2,5M; lama perendaman 1 jam, 8 jam, 16 jam, & 24 jam; dan volume asam 20mL, 40mL, & 80mL, (4) sintesis zeolit dari lumpur geothermal menggunakan  metode hidrotermal pada 150oC selama 24 jam dengan variasi NaOH 2M, 3M, & 4M, (5) karakterisasi zeolit hasil sintesis menggunakan XRF, XRD, FTIR, SEM, dan isoterm Langmuir.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa(1) limbah lumpur geothermal memiliki tekstur halus, berbau telur busuk, dan berwarna hijau keabu-abuan. Silika limbah lumpur geothermaldapat dimurnikan dengan metode leaching asam. (2) Zeolityang berhasil disintesis dengan metode hidrotermal dari bahan dasar limbah lumpur geothermal adalah zeolit Y. Zeolit Y hasil sintesis berwarna putih dan memiliki tekstur halus.