SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Dengan Strategi REACT Untuk SMP Bertaraf Internasional Pada Materi Pokok Unsur, Senyawa, Campuran dan Pemisahan Campuran.

sucahyono adhi rusandhi

Abstrak


ABSTRAK
 
Adhi, Sucahyono. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Dengan
Strategi REACT Untuk SMP Bertaraf Internasional Pada Materi Pokok
Unsur, Senyawa, Campuran dan Pemisahan Campuran. Program Studi
Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs.
Prayitno, M.Pd., (2) Dra.Sri Rahayu, M.Ed.
Kata Kunci: perangkat pembelajaran, strategi REACT, SMP bertaraf
internasional (SMP-BI), unsur senyawa, campuran dan pemisahan
campuran.
Untuk memenuhi tuntutan SDM berdaya saing internasionla, dalm bidang
pendidikan pemerintah mengembangkan sekolah yang sudah memenuhi standar
nasional penddikan (SNP) menjadi sekolah bertaraf internasional (SBI).
Pengembangan sekolah ini dilakukan pada berabagai jenjang endidikan termasuk
di Sekolah Menengah Pertama (SMP). SAlah satu mata pelajaran dalam
kurikulum SMP-BI adalah kimia yang terintegrasi dengan pelajaran biologi dan
fisika dalam mata pelajaran sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
perangkat pembelajaran kimia untuk SMP-BI terutama pada pokok bahasan unsur,
senyawa, campuran dan pemisahan campuran. Pengembangan perangkat
pembelajaran ini didasari oleh pembelajaran yang sifatnya konstruktivistik dan
kontekstual. Dalam menerapkan pembelajaran kontekstual digunakan strategi
REACT yang mempunyai lima tahap pembelajaran yaitu relating (mengaitkan),
experiencing (mengalami), applying (menerapkan), cooperating (bekerja sama),
dan transfering (memindahkan)
Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas dua bagian utama.
Bagian pertama merupakan Panduan Guru (Teacher’s Guide) yang terdiri atas
Silabus dan Sistim Penilaian, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
Instrumen penilaian, serta Buku Guru (Teacher’s Book) yang didalamnya terdapat
media berupa video dan powerpoint. Bagian kedua adalah Buku Siswa (Student’s
Book) yang berisi uraian materi dan lembar kegiatan siswa sebagai panduan
diskusi atau kegiatan laboratorium. Metode yang digunakan di dalam penelitian
ini adalah survei kondisi lapangan, kemudian dilakukan pengembangan perangkat
pembelajaran. Langkah selanjutnya dilakukan validasi sedangkan pengembangan
produknya berdasarkan model pengembangan konseptual yang direkomendasikan
oleh Dick dan Carey. Langkah-langkah model pengembangan Dick dan Carey
yaitu mengidentifikasi tujuan pembelajaran umum, melakukan analisis materi
pelajaran, mengidentifikasi kemampuan dan karakteristik awal siswa, menuliskan
pengalan belajar, mengembangkan item tes berbasis kriteria, pemilihan strategi
pembelajaran, mengembangkan dan memilih perangkat pembelajaran, melakukan
evaluasi formatif (validasi), melakukan revisi, dan memproduksi perangkat
pembelajaran. Desain validasi penelitian yang digunakan dalam penelitian
  i  ii
pengembangan ini adalah validasi formatif yang pelaksanaannya dievaluasi oleh
validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase.
Berdasarkan hasil validasi dari ke empat validator diperoleh kesimpulan
bahwa skor rata-rata yang diperoleh untuk perangkat pembelajaran yang
dikembangkan yaitu 88,64% dengan kriteria valid/baik/layak. Oleh karena itu,
perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk diujicobakan atau
dilakukan validasi empirik (evaluasi sumatif) di sekolah. Namun, untuk
mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan perlu
dilakukan uji lapangan. Perangkat pembelajaran berbasis konstruktivistik dan
kontekstual juga perlu dikembangkan untuk topik yang lain. 

Teks Penuh: DOC PDF