SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)-Study History Sheet (SHS) Bahan Ajar Berbasis Green Chemistry Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan terhadap Prestasi Belajar Belajar siswa kelas XI SMA Negeri 10 Malang

Elinira Subandi

Abstrak


ABSTRAK

 

Subandi, Elinira. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)-Study History Sheet (SHS) Bahan Ajar Berbasis Green Chemistry pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan terhadap Prestasi Belajar Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Malang. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I)Drs. H. Ridwan Joharmawan, M.Si. (II) Drs. Aman Santoso, M.Si.

 

Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Study History Sheet (SHS),Green Chemistry, Prestasi Belajar

 

Green chemistry adalah konsep yang berisi pendekatan tentang cara pencegahan pencemaran. Penerapan konsep green chemistry kedalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning. PBL (Problem Based Learning) merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada kerangka kerja teoritik konstruktivisme. Penggunaan Study history sheet yaitu lembar kertas yang digunakan siswa untuk merangkum materi pembelajaran bersama dengan model pembelajaran problem based learning dan green chemistry dalam upaya memaksimalkan peningkatan prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)-Study History Sheet (SHS) bahan ajar berbasis Green Chemistry pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan terhadap prestasi belajar belajar siswa kelas XI SMA Negeri 10 Malang.

Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA SMAN 10 Malang pada tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 3 kelas. Dua kelas diambil sebagai sampel dengan teknik cluster random sampling. Kelas kontrol (XI IPA-1) dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning, sedangkan kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)-Study History Sheet (SHS) bahan ajar berbasis Green Chemistry. Intrumen untuk mengambil data prestasi belajar kognitif adalah tes ulangan harian. Instrumen untuk mengambil prestasi belajar afektif adalah angket. Analisis data hasil penelitian dilakukan secara deskriptif dan statistik. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL)-study history sheet (SHS) bahan ajar berbasis green chemistry pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan terhadap prestasi belajar afektif khususnya sikap peduli siswa terhadap pencemaran air. Sedangkan analisis statistik digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL)-study history sheet (SHS) bahan ajar berbasis green chemistry pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan terhadap prestasi belajar kognitif.

Prestasi belajar kognitif siswa kelas dengan perlakuan problem based learning (PBL)-study history sheet (SHS) bahan ajar berbasis green chemistry lebih tinggi ( = 79) dibandingkan dengan prestasi belajar kognitif siswa pada kelas dengan perlakuan model pembelajaran problem based learning ( = 76). Demikian juga prestasi belajar afektif siswa khususnya sikap peduli pada masalah pencemaran air kelas dengan perlakuan problem based learning (PBL)-study history sheet (SHS) bahan ajar berbasis green chemistry lebih tinggi daripada kelas dengan perlakuan model pembelajaran problem based learning. Hal ini dibuktikan dengan data persentase rata-rata sikap kepedulian siswa pada masalah pencemaran air kelas dengan perlakuan model pembelajaran problem based learning sebesar 90 %, sedangkan kelas dengan perlakuan problem based learning (PBL)-study history sheet (SHS) bahan ajar berbasis green chemistry sebesar 92%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)-Study History Sheet (SHS) bahan ajar berbasis Green Chemistry pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan terhadap prestasi belajar belajar siswa kelas XI SMA Negeri 10 Malang.