SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Konsepsi Alternatif Materi Asam Basa Mahasiswa Kimia Semester II FMIPA Universitas Negeri Malang

Jian Mayangsari

Abstrak


ABSTRAK

 

Mayangsari, Jian. 2017. Identifikasi Konsepsi Alternatif Materi Asam Basa Mahasiswa Kimia Semester II FMIPA Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Muntholib S.Pd., M.Si., (II) Drs. Ridwan Joharmawan, M.Si.

 

Kata kunci: tes identifikasi, konsepsi alternatif, materi asam basa, mahasiswa kimia dasar II

 

Materi asam basa merupakan salah satu materi kimia yang sangat penting bagi mahasiswa untuk memahami materi kimia lain yang lebih kompleks. Adapun materi yang lebih kompleks tersebut contohnya adalah memahami pelepasan ion hidrogen saat reaksi esterifikasi pada mata kuliah kimia organik dan masih banyak aplikasi materi asam basa pada mata kuliah lain selain kimia organik seperti mata kuliah kimia anorganik, kimia analitik hingga biokimia. Beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya secara konsisten menunjukkan bahwa masih terdapat konsepsi alternatif pada materi asam basa. Pada tingkat universitas, identifikasi konsepsi alternatif yang pernah dilakukan cenderung merupakan identifikasi yang bersifat parsial atau hanya terbatas pada sub materi tertentu saja. Untuk itulah perlu diadakan identifikasi konsepsi alternatif pada materi asam basa secara keseluruhan. Pada penelitian sebelumnya metode penyusunan instrumen yang sering digunakan adalah  metode two tier. Metode two tier menghasilkan bentuk instrumen tes yang tidak umum digunakan sebagai tes formatif pada umumnya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan dalam penyususunan instrumen adalah metode tes pilihan ganda yang dikembangkan berdasarkan konsepsi alternatif yang telah ditemukan pada penelitian sebelumnya. Bentuk instrumen tes yang disusun dalam penelitian ini sama dengan bentuk tes formatif pada umumya.

Secara keseluruhan tujuan dari penelitian ini ada dua. Yang pertama adalah mengembangkan instrumen tes identifikasi konsepsi alternatif asam basa. Yang kedua adalah melakukan identifikasi konsepsi alternatif mahasiswa pada materi asam basa dengan instrumen yang telah dibuat.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskribtif kuantitatif. Subjek penelitian merupakan mahasiswa jurusan kimia offering G, H,dan B. Intrumen penelitian berupa 20 soal pilihan ganda. Pengumpulan data dilakukukan melalui pengerjaan tes tulis menggunakan instrumen tes yang telah dibuat. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskribtif intrepretatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua submateri asam basa teridentifikasi terdapat konsepsi alternatif. Submateri tersebut adalah teori asam basa, hubungan antara ionisasi air dengan pH, pH, kekuatan asam basa, buffer, hidrolisis, titrasi, dan indikator. Konsepsi alternatif yang ditemukan berupa konsepsi alternatif yang sama dengan yang ditemukan dalam penelitian sebelumnya dan konsepsi alternatif baru yang belum ditemukan pada konsepsi alternatif sebelumnya.

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

Mayangsari, Jian. 2017. Identification of Alternative Conceptions on Acid Base for First Year Chemistry College Students of State University of Malang. Thesis, Chemistry Education Study Program, FMIPA, State University of Malang. Counselor: (I) Muntholib S.Pd., M.Si., (II) Drs. Ridwan Joharmawan, M.Si.

 

Keywords: identification test, alternative conception, acid-base material, chemistry semester II student

 

The acid-base material is one of the most important chemistry materials for students to understand other more complex chemistry materials. For example of understanding the release of hydrogen ions during the esterification reaction in the organic chemistry and there are many applications of acidic bases in other subjects such as inorganic chemistry, analytical chemistry to biochemistry. Some previous studies have consistently shown that there is still an alternative conception of acidic bases. At the university level, the identification of alternative conceptions that have been made tends to be partial identification or limited to only certain submaterials. For this reason, it is necessary to identify alternative conceptions on acid-base material as a whole. In the previous study the method of preparation of instruments that are often used is the two tier method. The two tier method produces a form of test instrument that is not commonly used as a formative test in general. In this study the method used in the preparation of instruments is a multiple choice test method developed based on alternative conceptions that have been found in previous research. The form of the test instrument prepared in this study is the same as the formative test in general.

Overall the purpose of this research is twofold. The first is developing an identification test instrument of alternative conceptions of acid bases. The second is to identify students' alternative conceptions on acid-base material with the instruments that have been made.

This research using quantitative deskribtif research methods. The subject is a student of chemistry department offering G, H, and B. the instruments of research consist 20 multiple choice question. Data collection is done through writing test work using test instruments that have been created. The data obtained are then analyzed using intrepretative descriptive techniques.

The results showed that almost all submaterial of acid base are identified alternative conceptions. The submaterial is acid-base theory, the relationship between water ionization with pH, pH, acid-base strength, buffer, hydrolysis, titration, and indicator. Alternative conceptions that have found ed are clasify in two kind. The first kind of alternative conceptions are similar to that found in previous studies. The second kind are new alternative conceptions that have not been found in previous alternative conceptions, they are obtained from distraction.