SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD DIPADU DENGAN NHT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA MAN 1 MALANG PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Nasrul Ummah

Abstrak


ABSTRAK

 

Ummah, Nasrul.Pengaruh Model Pembelajaran STADdipadu dengan NHTterhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA MAN 1 Malang Pada Materi Larutan Elektrolit Non Elektrolit. Skripsi, Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Suhadi Ibnu, M.A., Ph.D,(II) Dr. Fauziatul Fajaroh, M.S.

 

Kata kunci: model pembelajaran, NHT,STAD, larutan elektrolit-non elektrolit, motivasi, hasil belajar.

Ilmu kimia merupakan cabang sains yang materinya mengandung banyak konsep abstrak serta prinsip-prinsip dasar yang harus dipahami siswa. Oleh sebab itu, proses pembelajaran kimia tidak bisa hanya berfokus pada pemecahan soal-soal numerik, tapi juga kemampuan siswa dalam memahami teori, fakta, deskripsi, peristilahan kimia, dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah serta berpikir kritis. Penerapkan model STAD  dipadu dengan NHT pada materi kimia diduga dapat membantu siswa untuk meningkatkan pemahamannya terhadap konsep-konsep abstrak yang terdapat pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi dan  hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD  dipadu dengan NHT dan model pembelajaran STAD  serta keterterapan model pembelajaran STAD dipadu dengan NHT.

Desain penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Malang tahun ajaran 2016/2017 dengan subjek penelitian berjumlah 65 siswa dengan rincian 32  siswa kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes prestasi belajar, angket dengan hasil validitas baik dan reliabilitas tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan Uji-t untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran STAD dipadu dengan NHT.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterterapan model pembelajaran STAD  dipadu dengan NHT  90,1%; (2) ada perbedaan signifikan hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD  dipadu dengan NHT  dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD. Rata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD  dipadu dengan NHT  (X=88,25), lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD (X=84,18), rata-rata nilai hasil belajar afektif siswa berturut-turut (X=87,2), (X=83,6) dan rata-rata nilai hasil belajar psikomotorik siswa berturut-turut (X=86,4), (X=84,0); (3) rata-rata motivasi belajarsiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD  dipadu dengan NHT  dan model pembelajaran STAD masing-masing sebesar 75,44%, sedangkan kelas kontrol sebesar 73,53%.