SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA POKOK BAHASAN REDOKS DAN ELEKTROKIMIAUNTUK SISWA KELAS XII SMA/MA

Tiara Nanda Herkartiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Herkartiwi, Tiara Nanda. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Pokok Bahasan Redoks Dan Elektrokimia untuk Siswa Kelas XII SMA/MA. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)Dr. Suharti, S.Pd., M.Si., (2) Oktavia Sulistina, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: media pembelajaran, elektrokimia, macromedia flash

Pemahaman konsep  dalam  ilmu  kimia  melibatkan  kemampuan  merepresentasikan  konsep menggunakan  tiga  tingkat  representasi,  yaitu  representasi makroskopis, submikroskopis,  dan  simbolis. Kenyataan yang terjadi pada proses pembelajaran kimia,  peserta didik kurang diberi penekanan pada aspek submikroskopis. Salah satu materi kimia yang banyak mengalami miskonsepsi karena perlunya aspek  submikroskopis adalah redoks dan elektrokimia. Visualisasi yang digunakan untuk menjelaskan aspek submikroskopis pada materi redoks dan elektrokimia adalah dengan menggunakan suatu  media.Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu pada proses pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam suatu materi. Aplikasi yang digunakan untuk membuat media pembelajaran adalah aplikasi Macromedia Flash. Macromedia Flash adalah perangkat lunak aplikasi untuk pembuatan animasi yang digunakan pada web,dengan bantuan aplikasi Macromedia Flash ini di harapkan dapat membantu memvisualisasikan konsep – konsep pada ketiga aspek  makroskopis, submikroskopis dan simbolis secara utuh.Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran kimia berbasis komputer yang dapat digunakan  sebagai sumber belajar materi redoks dan elektrokimia pada siswa kelas XII SMA/MA dengan menggunakan aspek  makroskopis, submikroskopis dan simbolis yang valid.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan media berbasis komputer pada pokok bahasan redoks dan elektrokimia kimia kelas XII SMA/MA ini adalah model 4D. Tahapan dalam pengembangan 4D ini antara lain : (1) Tahap pendefinisian (2) Tahap perancangan (3) Tahap pengembangan (4) Tahap Penyebaran.Namun, pengembangan media pembelajaran ini hanya dilakukan sampai tahap ketiga yaitu tahap pengembangan. Validasi media pembelajaran hasil pengembangan dilakukan oleh satu dosen kimia dan satu  guru kimia. Instrumen pengumpulan data validasi berupa angket penilaian yang disertai lembar komentar dan saran. Aspek penilaian validasi meliputi tampilan media dan isi materi. Uji keterbacaan media pembelajaran hasil pengembangan dilakukan kepada 20 siswa kelas XII SMANegeri 2 Pasuruan.Analisis data hasil validasi media pembelajaran dan uji coba terbatas menggunakan data kualitatif (kritik, saran dan tanggapan) dan data kuantitatif (skor) berupa angket.

 

Produk hasil pengembangan berupa media pembelajaran materi redoks dan elektrokimia untuk siswa SMA/MA kelas XII. Berdasarkan hasil validasi menunjukkan bahwa media sangat layak untuk digunakan dengan memenuhi skor sebesar 90,57% dilihat dari aspek tampilan media. Begitu pula dilihat dari aspek isi materi layak untuk digunakan dengan memenuhi skor sebesar 91,34%. Hasil uji keterbacaan terhadap media pembelajaran diperoleh skor sebesar 89,66%, sehingga berdasarkan penilaian tersebut mediapembelajaran sangat layak digunakan oleh peserta didik sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran.