SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keterampilan Berargumentasi Ilmiah dan Korelasinya dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pagak pada Materi Asam Basa

Lailatul Rohmah

Abstrak


ABSTRAK

 

Rohmah, Lailatul. 2017. Keterampilan Berargumentasi Ilmiah dan Korelasinya dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pagak pada Materi Asam Basa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Subandi, M.Si., (II) Muntholib, S.Pd.,

M.Si.

 

Kata kunci: keterampilan berargumentasi ilmiah, hasil belajar, materi asam basa

Materi asam basa merupakan materi kimia yang sebagian besar merupakan pengetahuan konseptual dan terintegrasi dengan banyak konsep kimia lainnya seperti karakteristik partikel dalam materi, sifat dan komposisi larutan, struktur atom, ikatan ionik dan kovalen, simbol, formula dan persamaan reaksi, ionisasi serta kesetimbangan. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi asam basa masih rendah padahal materi asam basa menjadi materi dasar untuk memahami materi kimia lain yang lebih kompleks. Di samping itu, tingkat literasi sains siswa Indonesia tergolong sangat rendah yakni urutan 62 dari 70 negara partisipan dengan kategori kualitas dan kuantitas aktivitas sains di sekolah berada pada  peringkat  ke 66 dari 68 negara partisipan tes PISA. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh rendahnya tingkat keterampilan berpikir kritis siswa salah satunya keterampilan berargumentasi ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berargumentasi ilmiah siswa pada materi asam basa dan mengkorelasikannya dengan hasil belajar siswa pada materi terkait.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan ex post facto, yakni penelitian yang dilakukan setelah suatu kejadian itu terjadi; dengan jenis causal research (penelitian korelasi) yang mana melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan apakah ada hubungan dan bagaimana tingkat hubungan antara dua variabel yang ada. Variabel dalam penelitian ini yakni keterampilan berargumentasi ilmiah dan hasil belajar siswa, sementara subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Pagak kelas XI MIPA 1. Keterampilan berargumentasi ilmiah dalam penelitian ini meliputi keterampilan membuat klaim, menguraikan bukti dan memberikan penjelasan sementara hasil belajar siswa merupakan hasil ulangan harian siswa kelas XI MIPA 1 pada materi asam basa yang dilaksanakan pada 24 Februari 2017. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes keterampilan berargumentasi ilmiah yang dikembangkan dengan mengacu pada kerangka analitik argumentasi ilmiah Sampson & Schleigh (2016) sedangkan soal tes hasil belajar merupakan soal tes ulangan harian materi asam basa yang dibuat oleh guru mata pelajaran kimia SMA Negeri 1 Pagak. Instrumen tes keterampilan berargumentasi ilmiah yang digunakan telah divalidasi isi dan diujicobakan pada 42 partisipan sebelumnya dan telah dinyatakan reliabel (r11=0,703).

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berargumentasi ilmiah siswa SMA Negeri 1 Pagak kelas XI pada materi asam basa termasuk dalam kategori cukup (51,47%), dengan rincian keterampilan membuat klaim termasuk dalam kategori cukup (56,7%), keterampilan memaparkan bukti termasuk dalam kategori cukup (58,4%), dan keterampilan memberikan penjelasan termasuk dalam kategori kurang (39,1%). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa keterampilan berargumentasi ilmiah siswa berkorelasi rendah (α=0,357) dengan hasil belajar siswa pada materi asam basa.