SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Kimia Asam-Basa Berbasis Inkuiri untuk siswa Kelas XI SMA

Nida Fitri Isnaini

Abstrak


ABSTRAK

 

Isnaini, Nida Fitri. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Asam-Basa Berbasis Inkuiri untuk siswa Kelas XI SMA. Skripsi. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muntholib, S.Pd., M.Si, (II) Drs. Mohammad Sodiq Ibnu, M.Si.

 

Kata Kunci: bahan ajar, inkuiri, asam-basa, pembelajaran berbasis inkuiri.

Menurut paradigma konstruktivistik pengetahuan tidak dapat dipindahkan begitu saja dari guru ke siswa. Dalam belajar, siswa mengkonstruksi pemahamannya dengan bantuan guru. Salah satu bentuk bantuan ini adalah penyediaan bahan ajar. Komunikasi personal dengan beberapa guru kimia menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan saat ini masih bersifat informatif, siswa hanya menerima informasi atau pengetahuan tanpa mengalami proses untuk mendapatkan pengetahuan tersebut. Proses pembelajaran tidak mendorong siswa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan ajar yang bersifat konstruktivistik. Salah satu pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan paradigma konstruktivistik adalah inkuiri. Salah satunya adalah strategi pembelajaran inkuiri hasil sintesis Pedaste yang dinamakan inquiry based learning (pembelajaran berbasis inkuiri). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar kimia asam-basa berbasis inkuiri untuk siswa kelas XI SMA yang valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap, yakni define, design, develop, dan disseminate. Pengembangan ini hanya dilakukan sampai dengan tahap ketiga (develop). Hasil pengembangan divalidasi oleh satu dosen kimia dan dua guru kimia serta dilakukan uji keterbacaan kepada 10 siswa yang sudah mempelajari materi asam-basa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang berisi lembar skor penilaian, komentar dan saran. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dari skor penilaian angket dan kualitatif dari komentar serta saran.

 

Produk hasil pengembangan bahan ajar materi asam-basa ini berupa bahan ajar untuk guru dan bahan ajar untuk siswa dalam bentuk cetak. Hasil validasi menunjukkan bahwa persentase rata-rata skor validasi bahan ajar adalah 87,85% dengan kriteria sangat valid. Hasil persentase rata-rata skor uji keterbacaan bahan ajar adalah 85,31% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan diketahui bahwa secara umum bahan ajar valid dan layak digunakan.