SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Instrumen Penilaian (Asesmen) Pemahaman Konseptual Berorientasi pada HOTS (Higher Order Thinking Skills), Keterampilan Proses Sains, dan Sikap terhadap Sains pada Bahan Kajian Laju Reaksi

Lia Qurrotul Aini

Abstrak


ABSTRAK

 

Aini, Lia Qurrotul. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian (Asesmen) Pemahaman Konseptual Berorientasi pada HOTS (Higher Order Thinking Skills), Keterampilan Proses Sains, dan Sikap terhadap Sains pada Bahan Kajian Laju Reaksi. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Sutrisno, M.Si., (II) Dr. Sumari, M.Si.

 

Kata Kunci: instrumen asesmen, pemahaman konseptual, keterampilan proses sains, sikap terhadap sains, HOTS

Salah satu dari delapan Standar Nasional Pendidikan di Indonesia adalah Standar Penilaian Pendidikan. Penilaian sangat penting dilakukan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Menurut Kurikulum 2013, terdapat tiga aspek penilaianyaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Kurikulum 2013 menuntut penilaian yang dapat mendorong peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi atau dikenal dengan HOTS yang mencakup tingkat kognitif menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian (asesmen) pemahaman konseptual berorientasi pada HOTS, keterampilan proses sains, dan sikap terhadap sains pada bahan kajian laju reaksi sebagai prototipe atau alat pertimbangan untuk praktisi pendidikan dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik.

Penelitian pengembangan ini dirancang dengan 3D dari  model-4D yang terdiri dari tahap define (membatasi), design (merancang), dan develop (mengembangkan). Untuk tahap akhir dari model-4D, yaitu disseminate (mendiseminasikan) tidak dilakukan. Tingkat validitas produk instrumen hasil pengembangan diperoleh dari hasil validasi yang dilakukan oleh satu dosen kimia dan dua guru kimia.

 

Instrumen penilaian hasil pengembangan ini terdiri dari 105 butir soal pemahaman konseptual berorientasi pada HOTS yang memperoleh hasil validasi 104 butir soal sangat valid dengan skor 87,5-92,0% dan cukup valid untuk 1 butir soal dengan skor 85,0%, 100 butir soal keterampilan proses sains memperoleh hasil validasi sangat valid dengan skor 85,8-90,8%, dan 87 butir sikap terhadap sains yang memperoleh hasil validasi 15 butir soal sangat valid dengan skor 87,5-90,0% dan 72 butir sikap cukup valid dengan skor 77,5-85,0%. Hasil persentase validasi untuk performansi/tampilan instrumen asesmen adalah 90,8% dengan kriteria sangat valid.