SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

UPAYA MENCEGAH MISKONSEPSI MATERI STOIKIOMETRI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 1 LAWANG

Pinta Nisa Fitri

Abstrak


ABSTRAK

 

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi  pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar kognitif sebagai upaya mencegah miskonsepsi siswa pada materi stoikiometri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu (Quasy Experimental Design) dengan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Lawang semester genap tahun ajaran 2016/2017, terdiri dari 7 kelas MIA. Sampel yang terpilih adalah kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 6 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda three­tier yang diadopsi dari penelitian Aini (2014). Uji coba ulang soal diperoleh hasil 30 soal valid, rata-rata taraf kesukaran sebesar 0,35 dengan kriteria sedang, rata-rata daya beda sebesar 0,41 dengan kriteria baik, dan nilai reliabilitas sebesar 0,735 dengan kriteria tinggi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik persentase miskonsepsi dari hasil belajar kognitif siswa pada materi stoikiometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata persentase siswa yang mengalami miskonsepsi materi stoikiometri dengan pembelajaran strategi Problem Solving lebih sedikit (2,86%) daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (7,22%), (2) hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan strategi Problem Solving (83,26) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (76,67), oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa upaya mencegah miskonsepsi siswa dapat dilakukan dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Solving.

 

Kata kunci: Problem Solving, Stoikiometri, Miskonsepsi