SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sintesis Silika Xerogel Berbahan Abu Bagasse dan Aplikasinya sebagai Adsorben Malasit Hijau

Yusuf Saifurrijal

Abstrak


ABSTRAK

 

Saifurrijal, Yusuf. 2017. Sintesis Silika Xerogel Berbahan Abu Bagasse dan Aplikasinya Sebagai Adsorben Malasit Hijau. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nazriati, M.Si, (II) Dr. Fauziatul Fajaroh, MS

 

Kata-kata kunci: Silika xerogel, Adsorpsi, Kapasitas Adsorpsi, Metode sol-gel

Malasit hijau merupakan zat warna yang sering digunakan dalam industri tekstil. Limbah zat warna tersebut bersifat karsinogenik dan mutagenik sehingga sangat berbahaya apabila terakumulasi dalam air. Metode adsorpsi banyak digunakan untuk mengurangi konsentrasi malasit hijau pada lingkungan dan membutuhkan adsorben yang memiliki luas permukaan yang besar. Silika xerogel merupakan salah satu adsorben yang memiliki luas permukaan yang besar. Kapasitas adsorpsi silika xerogel terhadap suatu zat warna memiliki batas tertentu yang disebut kapasitas setimbang. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mensintesis dan mengetahui kapasitas adsorpsi silika xerogel terhadap zat warna malasit hijau.

Silika xerogel dapat disintesis dari abu bagasse sebagai sumber silika dengan metode sol-gel. Sintesis silika xerogel pada penelitian ini secara umum memiliki 3 tahapan yaitu (1) Penambahan NaOH 2 M untuk mengestrak silika, (2) Perlakuan natrium silikat menggunakan resin penukar kation, (3) Sintesis silika xerogel pada pH 5. Aplikasi silika xerogel sebagai adsorben malasit hijau menggunakan variasi waktu kontak, konsentrasi, dan temperatur. Variasi konsentrasi, waktu kontak, dan temperatur digunakan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kapasitas adsorpsi dan studi parameter kesetimbangan adsorpsi silika xerogel terhadap malasit hijau.

 

 Kapasitas adsorpsi maksimum silika xerogel terhadap malasit hijau dengan konsentrasi 6 mg/L sebesar 9,518 mg/g pada waktu kontak 60 menit. Kapasitas adsorpsi silika xerogel semakin meningkat seiring meningkatnya konsentrasi malasit hijau dari 3-7 mg/L dengan kapasitas adsorpsi sebesar 4,4283 mg/g sampai 10,5875mg/g. Studi parameter adsorpsi menunjukkan adsorpsi berlangsung mengikuti model isotherm Langmuir dan kinetika orde dua semu model McKay dan Ho serta adsorpsi berlangsung secara eksotermik, spontan dan teratur.