SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Flipbook 3D pada Materi Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing

Fajrin Nurul Machfiroh

Abstrak


ABSTRAK

 

Machfiroh, Fajrin Nurul. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Flipbook 3D pada Materi Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing. Skripsi. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Munzil, S.Pd., M.Si., (II) Dr. H. Yahmin, S.Pd., M.Si.

 

 Kata Kunci : bahan ajar flipbook 3D, kesetimbangan kimia, inkuiri terbimbing, model 4-D

 Kesetimbangan kimia merupakan pokok bahasan dalam ilmu kimia yang banyak membahas materi yang bersifat abstrak dan melibatkan pemahaman pada 3 tingkatan representasi kimia yaitu tingkatan makroskopik, submikroskopik dan simbolik. Kesetimbangan kimia merupakan konsep kimia yang sulit dipahami oleh siswa karena bersifat abstrak dan menimbulkan terjadinya miskonsepsi. Beberapa penelitian menyatakan bahwa faktor utama ketidakmampuan siswa dalam memahami konsep faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan kimia dikarenakan keterbatasan siswa dalam memahami molekul-molekul secara submikroskopik dengan ditinjau dari simbol-simbol dalam persamaan kesetimbangan kimia. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan bahan ajar yang dapat membantu memvisualisasikan konsep-konsep dalam materi kesetimbangan kimia. Bahan ajar tersebut dapat berupa bahan ajar flipbook 3D, karena dalam bahan ajar flipbook 3D dapat dimodifikasi dengan penambahan multimedia interaktif seperti teks, video, animasi dan gambar. Menurut penelitian, penggunaan media flipbook dapat meningkatkan berfikir kreatif siswa dan juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penerapan bahan ajar dengan pendekatan inkuiri terbimbing mampu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk  mengembangkan bahan ajar flipbook 3D pada materi kesetimbangan kimia berbasis inkuiri terbimbing.

 Pengembangan bahan ajar flipbook 3D pada materi kesetimbangan kimia berbasis inkuiri terbimbing menggunakan Model 4D dari Thiagarajan dkk (1974) yang terdiri dari (1) mendefinisikan (to define), (2) merancang (to design), (3) mengembangkan (to develop), dan (4) menyebarluaskan (to disseminate). Namun, pengembangan bahan ajar flipbook 3D ini hanya dilakukan sampai pada tahap mengembangkan. Penilaian terhadap produk pengembangan dilakukan melalui validasi dan uji coba kelompok kecil. Validasi media ini dilakukan oleh 1 orang dosen kimia yang merupakan ahli media dan ahli materi serta 1 orang guru mata pelajaran kimia sebagai ahli lapangan atau ahli dalam pembelajaran di kelas. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada 10 orang siswa SMA kelas XI MIA 5 di SMA Negeri 1 Kepanjen.

 

 Hasil penelitian pengembangan ini berupa bahan ajar flipbook 3D pada materi kesetimbangan kimia berbasis inkuiri terbimbing. Hasil validasi yang diperoleh meliputi validasi dari ahli media sebesar 91,13% dan validasi dari ahli materi sebesar 90,77 %. Hasil validasi oleh ahli lapangan diperoleh skor penilaian rata-rata sebesar 95,63 %. Uji kelayakan penggunaan bahan ajar flipbook 3D pada kelompok kecil diperoleh skor sebesar 83,5 % yang memenuhi kriteria sangat layak.