SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Flipbook 3D Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Berbasis Inkuiri Terbimbing

Riska Erva Nurdiana

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurdiana, Riska Erva. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Flipbook 3D Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Berbasis Inkuiri Terbimbing. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Munzil, S.Pd., M.Si., (II) Dr. H. Yahmin, S.Pd., M.Si.

 

Kata Kunci: Bahan ajar flipbook 3D, strategi inkuiri terbimbing, Four-D model, larutan elektrolit dan nonelektrolit.

Ada berbagai macam bahan ajar yang dapat digunakan untuk pembelajaran kimia di SMA. Macam-macam bahan ajar tersebut antara lain bahan ajar cetak (LKS, Handout, Buku teks), bahan ajar audio visual (video), dan bahan ajar multimedia interaktif (gabungan video,audio, gambar, teks,  dan animasi).  Diantara bahan ajar tersebut hanya buku teks dan LKS yang umumnya digunakan di SMA. Penggunaan LKS dan buku teks ini kurang bisa menggambarkan materi secara submikroskopis sehingga penulis ingin mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif. Bahan ajar multimedia interaktif ini merupakan gabungan animasi, video, audio, teks, dan gambar yang dapat menggambarkan materi sampai tingkat submikroskopis. Penggunakan multimedia interaktif ini dapat membantu siswa memahami materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Multimedia interaktif yang dikembangkan penulis akan dikemas dalam bentuk flipbook 3D.  Aplikasi flipbook 3D ini masih jarang digunakan dalam bahan ajar. Penggunaan bahan ajar tidak lepas dari strategi pembelajaran, strategi yang cocok digunakan agar siswa dapat berfikir kritis salah satunya menggunakan strategi inkuiri terbimbing. Strategi inkuiri terbimbing merupakan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga siswa lebih aktif dan berfikir kritis. Karna itu penulis ingin mengembangkan bahan ajar flipbook 3D materi larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar flipbook 3D pada elektrolit dan nonelektrolit dengan menggunakan strategi inkuiri terbimbing untuk kelas X SMA/MA yang layak (valid).

Bahan ajar multimedia interaktif larutan elektrolit dan nonelektrolit dikembangkan dengan menggunakan model four-D (define, design, develop, dan disseminate), sampai tahap 3. Kelayakan bahan ajar diketahui berdasarkan dari validasi oleh ahli media, oleh ahli materi, dan uji coba kelompok kecil. Uji validitas yang dilakukan menggunakan skala liket yang disertai dengan komentar, saran dari validator dan audien. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik rata-rata. Produk akhir dari penelitian ini adalah bahan ajar flipbook 3D berbasis inkuiri terbimbing yang dikemas dalam bentuk CD (compact disk).

 

Pada penelitian ini dikembangkan bahan ajar flipbook 3D berbasis inkuiri terbimbing. Bahan ajar bersifat fleksibel dan interaktif, yaitu bisa digunakan berurutan maupun tidak, sehingga siswa dapat belajar secara mandiri. Bahan ajar ini terdiri dari teks, gambar, video, audio, dan animasi serta latihan soal larutan elektrolit dan nonelektrolit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar multimedia interaktif larutan elektrolit dan nonelektrolit telah memenuhi kriteria kelayakan. Presentase kelayakan bahan ajar ini sebesar 93,7% menurut  ahli media, sebesar 91.2% menurut  ahli materi , dan 94.68% berdasarkan uji coba kelompok kecil. Produk akhir Bahan ajar ini telah direvisi berdasarkan komentar dan saran dari validator dan audien.