SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Lembar Study History Sheet (SHS) pada Pembelajaran Kolaboratif Materi Reaksi Oksidasi Reduksi (Redoks) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Pacitan

Intan Surya Mentari

Abstrak


ABSTRAK

 

Mentari, Intan S. 2017. Pengaruh Penggunaan Lembar Study History Sheet (SHS) pada Pembelajaran Kolaboratif Materi Reaksi Oksidasi Reduksi (Redoks) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Pacitan. Skripsi, Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Ridwan Joharmawan, M.Si., (2) Dr. Aman Santoso, M.Si.

 

Kata Kunci: study history sheet, kolaboratif, reaksi redoks, hasil belajar.

Salah satu materi yang dibelajarkan dalam mata pelajaran kimia di SMA adalah reaksi oksidasi reduksi (redoks).Kesulitan yang dialami siswa pada matei redoks adalah menentukan jenis reaksi redoks suatu persamaan reaksi, menghitung bilangan oksidasi, menganalisis oksidator karena bilangan oksidasi naik dan reduktor karena bilangan oksidasi turun. Kesulitan tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini terjadi karena reaksi redoks dibelajarkan menggunakan pembelajaran ekspositori atau diskusi kelompok biasa yang pembagian kelompoknyadiambil secara acak.Siswa dengan kemampuan kognitif rendah cenderung tergantung pada siswa yang memiliki kemampuan kognitif tinggi tanpa menyumbangkan idenya dan siswa sering mengalami kesulitan untuk mengingat konsep-konsep pada materi yang dibelajarkan. Alternatif pembelajaran yang bisa digunakan adalah pembelajaran kolaboratif ditambah dengan merangkum materi setelah mengerjakan LKS pada Lembar Study History Sheet (SHS) yang akan dikoreksi dan dinilai oleh guru. Pembelajaran tersebut menjadikan siswa menguasai materi dan bertanggung jawab atas pengetahuan yang dimiliki.

Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu (quasy eksperimental design) dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Pacitan tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dengan teknik penarikan sampel acak berkelompok (cluster random sampling) dengan cara diundi, sehingga diperoleh kelas X MIA 6sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen perlakuan (silabus, RPP, LKS, handout, materi padapower point, lembar SHSdan soal kuis)dan instrumen pengukuran (tes ulangan harian dan lembar observasi). Soal yang digunakan sebagai intrumen penelitian berjumlah 25 soal. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif berupa uji hipotesis (uji tdua pihak) dengan taraf signifikansi =0,05. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 16.0 for windows.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan lembar SHS pada model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA 6 SMAN 1 Pacitan. Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kolaboratif menggunakan rangkuman pada lembar SHS lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kolaboratif tanpa menggunakan lembar SHS. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kolaboratif menggunakan rangkuman pada lembar SHS adalah 82,50 sedangkan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kolaboratif tanpa menggunakan lembar SHSadalah 75,75.