SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Optimasi Jenis dan Kadar Sumber Nitrogen, serta pH Medium untuk Produksi Protease dari Isolat HTcUM6.2.2

Monika Rahayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Enzim protease merupakan salah satu enzim yang banyak diproduksi secara komersial pada berbagai industri, antara lain industri makanan, farmasi, deterjen, dan diagnostik. Porcine pepsin atau pepsin dari lambung babi adalah protease yang digunakan untuk proses produksi kolagen, khususnya di negara-negara produsen kolagen seperti Amerika Utara, Eropa, dan Asia Pasifik. Padahal Indonesia masih mengimpor kolagen dalam jumlah yang besar pertahunnya dari negara-negara tersebut. Hal ini menyebabkan timbulnya keraguan akan kehalalan kolagen tersebut. Mengatasi hal ini penelitian terdahulu telah mengisolasi dan menyeleksi isolat bakteri potensial sebagai sumber protease dari pangan fermentasi tauco yang diharapkan dapat digunakan untuk isolasi kolagen dari sisik ikan bandeng. Akan tetapi, aktivitas protease yang dihasilkan sangat rendah dalam medium produksi yang mengandung pepton sebagai sumber nitrogen. Hal ini diduga karena sumber nitrogen yang digunakan tidak sesuai untuk memproduksi protease. Uji pendahuluan dari isolat potensial, isolat HTcUM6.2.2 memiliki indeks proteolitik terbesar yaitu 2,60. Isolat proteolitik HTcUM6.2.2 diduga dapat menghasilkan aktivitas yang tinggi pada media produksi dengan sumber nitrogen dan kondisi pertumbuhan yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui sumber nitrogen optimum untuk produksi protease dari isolat HTcUM6.2.2, (2) mengetahui kadar sumber nitrogen optimum produksi protease dari isolat HTcUM6.2.2, dan (3) mengetahui pH medium optimum produksi protease dari isolat HTcUM6.2.2.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktorial masing-masing yaitu jenis, kadar sumber nitrogen, serta pH medium dengan tahap penelitian: (1) peremajaan dan validasi kemurnian isolat HTcUM6.2.2; (2) produksi ekstrak kasar protease; (3) uji aktivitas protease dengan metode Anson; (4) pengukuran kadar protein ekstrak kasar protease dengan metode Lowry; dan (5) uji kemampuan ekstrak kasar protease pada sisik ikan bandeng.

 

Hasil penelitian menunjukkan sumber nitrogen optimum untuk menghasilkan protease dari isolat HTcUM6.2.2 adalah susu skim dan limbah cair tahu. Kondisi optimum produksi protease dalam media dengan sumber nitrogen limbah cair tahu sebagai berikut: kadar limbah cair tahu sebesar 10 %, pada pH antara 6 sampai 8, selama waktu inkubasi 3 hari. Protease yang dihasilkan isolat HTcUM6.2.2 pada kondisi optimum tersebut dapat digunakan untuk isolasi kolagen dari sisik ikan bandeng.