SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Seleksi dan Pemurnian Bakteri Proteolitik Isolat HTcUM3-9 dari Tauco Pasar Besar Kota Malang untuk Isolasi Kolagen dari Sisik Ikan Bandeng

Fira Fatma

Abstrak


ABSTRAK

 

Kolagen dapat diisolasi dengan menggunakan metode enzimatis. Metode enzimatis bersifat selektif dalam memutuskan ikatan peptida pada protein sehingga rendemen kolagen yang dihasilkan tinggi. Enzim yang digunakan oleh produsen kolagen selama ini adalah enzim protease porcine pepsin karena harganya sangat murah. Porcine pepsin berasal dari lambung babi sehingga tidak halal bagi umat Islam. Alternatif protease dari sumber lain perlu dicari untuk mengatasi masalah ini salah satunya dari bakteri. Dua puluh isolat bakteri proteolitik dari tauco Pasar Besar Kota Malang telah diisolasi. Empat isolat telah dimurnikan yaitu HTcUM2, HTcUM6.2.1, HTcUM6.2.2, dan HTcUM10, sedangkan enam belas isolat lainnya belum dimurnikan dan belum diketahui nilai indeks proteolitiknya sehingga belum diketahui isolat potensial dari tauco yang menghasilkan protease dengan aktivitas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh isolat HTcUM murni yang potensial sebagai bakteri proteolitik dan (2) mengetahui kemampuan enzim protease yang dihasilkan isolat HTcUM potensialtersebutuntukisolasikolagendarisisikikanbandeng.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif laboratoris yang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: (1) seleksi isolat bakteri proteolitik berdasarkan nilai indeks proteolitik yang diperoleh dari kultur hasil pengenceran dengan metode sebar, (2) pemurnian kandidat isolat bakteri potensial dengan metode sebar dilanjutkan metode gores, yang diuji kemurniannya melalui pewarnaan Gram, (3) konfirmasi nilai indeks proteolitik isolat murni untuk menentukan isolat yang memiliki indeks proteolitik tertinggi sebagai isolat potensial, (4) produksi ekstrak kasar protease isolat potensial, (5) uji aktivitas protease  dengan metode Anson, (6) uji kemampuan protease untuk isolasi kolagen dari sisik ikan bandeng, berdasarkan besarnya peningkatan kadar protein pada reaksi enzimatis antara sisik ikan bandeng dengan protease dibandingkan kontrol menggunakan metode Lowry.      

 

 

Sembilan isolat bakteri proteolitik HTcUM3-9 telah diseleksi dan diperoleh empat kandidat isolat potensial  yaitu HTcUM6.1.1, HTcUM7.1, HTcUM8 dan HTcUM9.1. Empat kandidat isolat potensial dimurnikan dan dikonfirmasi nilai indeks proteolitiknya. Isolat HTcUM8 dengan nilai indeks proteolitik tertinggi dipilih sebagai isolat murni yang potensial sebagai bakteri proteolitik. Enzim protease isolat HTcUM8 yang diproduksi pada media dengan sumber nitrogen pepton tidak mampu mengisolasi kolagen dari sisik ikan bandeng, sedangkan pada limbah cair tahu mampu mengisolasi kolagen dari sisik ikan bandeng.