SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Konsep Alternatif Asam Basa Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Ketapang Menggunakan Instrumen Diagnostik Two - Tier

Wardatul Laila Al Fitri

Abstrak


ABSTRAK

Fitri, Wardatul Laila Al. 2017. Identifikasi Konsep Alternatif Asam Basa Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Ketapang Menggunakan Instrumen Diagnostik Two - Tier. Skripsi Jurusan Kimia, Progam Studi Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Muntolib, S.Pd., M.Si. (II) Drs. Mohammad Sodiq Ibnu, M.Si.

 

Kata kunci: konsep alternatif, tes diagnostik two-tier, kimia asam basa.

 

Materi larutan asam basa merupakan salah satu materi yang penting dalam kimia karena materi ini mendasari materi kimia yang lainnya. Materi asam basa mempunyai banyak konsep dan diperlukan dalam memahami konsep kimia lainnya. Di sisi lain, materi kimia asam basa termasuk bagian kimia yang sulit dan banyak menimbulkan konsep alternatif bagi siswa. Konsep alternatif yng dialami siswa dapat diidentifikasi menggunakan instrumen tes diagnostik two-tier. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik two-tier materi kimia asam basa dan mengidentifikasi konsep alternatif yang dialami siswa pada materi asam basa.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan 60 siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Ketapang sebagai sampel penelitian. Langkah-langkah dalam penelitian ini, yaitu (1) melakukan kajian literatur, (2) menyusun instrumen penelitian, (3) mengumpulkan data, (4) menganalisis data, dan (5) menyusun kesimpulan. Penyusunan tes diagnostik two-tier yang digunakan sebagai instrumen penelitian dilakukan dalam tiga tahap, yakni (1) menentukan isi, (2) mengumpulkan informasi mengenai miskonsepsi siswa pada materi larutan asam basa, dan (3) menyusun tes diagnostik pilihan ganda two-tier berdasarkan kajian literatur. Tes diagnostik pilihan ganda two-tier yang dikembangkan sebanyak 32 soal dan dari 32 soal yang dikembangkan kemudian 30 soal digunakan untuk mendiagnosis miskonsepsi siswa. Berdasarkan hasil analisis menggunakan SPSS 16 for Windows diketahui bahwa tes diagnostik pilihan ganda two-tier mempunyai reliabilitas yang sangat tinggi dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,851. Persentase siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi larutan asam basa ditentukan berdasarkan konsistensi jawaban.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengalami konsepsi alternatif meliputi 7 sub bab kimia asam basa, yakni (1) konsep teori asam basa, (2) konsep pasangan asam basa konjugat, (3) konsep indikator asam basa. (4) konsep pH dan kekuatan asam basa, (5) konsep reaksi asam basa, (6) konsep sifat larutan asam basa, dan (7) konsep spesi-spesi dalam larutan hasil reaksi asam basa.