SKRIPSI Jurusan Kimia - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ANDROID BERFORMAT EPUB DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN TABEL PERIODIK UNSUR UNTUK KELAS X SMA/MA

Khopshotul Kiptiyah

Abstrak


ABSTRAK

Kiptiyah, Khopshotul. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Android Berformat EPub dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Struktur Atom dan Tabel Periodik Unsur untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. I Wayan Dasna, M.Si, M.Ed(II) Dr. Nazriati, M.Si

 

Kata Kunci: bahan ajar, android, EPub, pendekatan saintifik

 

Pada umumnya bahan ajar kimia saat ini dikemas dalam bentuk cetak. Bahan ajar cetak hanya memuat gambar dan tulisan, selain itu bahan ajar cetak yang dijual dipasaran harganya relatif mahal. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaruan dan pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang memanfaatkan perkembangan teknologi adalah bahan ajar berbasis android berformat EPub. Electronic Publication (EPub)merupakan format untuk buku digital. Hal yang mendasari pengembangan bahan ajar berbasis android ini adalah banyaknya siswa SMA yang sudah memiliki smartphone bersistem android. Kebanyakan siswa menggunakan smartphone dengan versi android Jelly Bean. Bahan ajar berbasis android berformat EPub inimemiliki keunggulan, yakni siswa dapat dengan mudah menggunakan eBook secara gratis. Bahan ajar berbasis android ini dapat menampilkan teks, gambar, animasi, dan video, selain itu dapat digunakan dimana saja dan tidak memerlukan koneksi internet.Maka penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis android berformat EPub dengan pendekatan saintifik pada materi struktur atom dan tabel periodik unsur.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian pengembangan ini hanya dilaksanakan sampai tahap develop. Validasi produk pengembangan dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi berupa angket dan lembar komentar atau saran validator terhadap bahan ajar. Uji keterbacaan dilakukan terhadap 30 siswa MAN Kota Batu. Data hasil validasi dan uji keterbacaan kemudian dianalisis menggunakan jenjang kriteria presentase kelayakan dari bahan ajar yang dikembangkan.

Hasil penelitian pengembangan ini berupa bahan ajar berbasis android berformat EPub dengan pendekatan saintifik pada bahasan struktur atom dan tabel periodik unsur. Bahan ajar ini terdiri dari buku guru dan buku siswa. Hasil validasimedia diperoleh persentase 98,3% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi materi untuk buku guru diperoleh persentase 78,5% dengan kriteria layak, sedangkan untuk buku siswa diperoleh persentase 74% dengan kriteria layak. Hasil uji coba keterbacaan diperoleh persentase 90% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan menunjukkan bahwa secara umum bahan ajar berbasis android berformat EPub ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.